Monday, 08 June 2020 00:00

Pulau Labengki, Sulawesi Tenggara

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI PESONA INDONESIA Pulau Labengki terletak di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Jaraknya sekitar 70 kilometer dari pusat kota Kendari. Pulau ini terdiri dari beberapa gugusan pulau karang besar serta pulau karang kecil.

Dari pusat kota Kendari, Anda bisa langsung menuju ke Pelabuhan Kendari. Dari pelabuhan, Anda bisa menyewa sebuah kapal untuk menuju ke Pulau Labengki. Tarif sewanya berbeda-beda tergantung kesepakatan Anda dengan si pemilik kapal. Perjalanan ini ditempuh selama kurang lebih 4 hingga 5 jam, tergantung kondisi cuaca.

Pulau Labengki dihuni oleh suku Bajo. Pulau ini memiliki panorama alam yang indah dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Tidak hanya daratannya saja yang indah, Labengki juga menyimpan keindahan bawah laut. Disini banyak spot-spot menyelam yang indah. Anda akan melihat biota laut Labengki yang masih sangat alami.

Di perairan sekitar pulau bisa ditemui berbagai spesies kima atau kerang raksasa. Spesies Kima di pulau ini dikenal sebagai spesies Kima terbesar di dunia, sehingga kawasan pulau Labengki juga dijadikan tempat penelitian, konservasi dan penangkaran Kima.

selain menyelam, aktivitas lain yang bisa dilakukan di Labengki adalah memancing. Jenis ikan yang bisa ditangkap sangat variatif, di antaranya kerapu, barakuda, ikan layar, tuna sirip kuning, dan kakap merah. Hasil tangkapan ikanpun dapat langsung anda bakar dan menjadi menu santapan makan malam anda.

Read 739 times Last modified on Monday, 08 June 2020 08:09