Sunday, 12 July 2020 00:00

Pantai Rongkang, Bangkalan Badura

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO ANTARA FOTO ANTARA

VOI PESONA INDONESIA Pulau Madura selain kaya dengan wisata kuliner juga mempunyai pemandangan alam yang indah. Salah satunya adalah Pantai Rongkang di Bangkalan, Madura. Tempat wisata Pantai Rongkang Bangkalan Madura terletak di Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Madura, kira-kira 35 Km di selatan Kota Bangkalan. Wisata pantai Rongkang Bangkalan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pantai Rongkang memiliki banyak keindahan alam seperti berjejernya bebatuan di sepanjang pantai, bukit berundak-undak yang tingginya sekitar dua puluh hingga dua puluh lima meter di atas permukaan laut, karang-karang indah beraneka bentuk dan pohon-pohon rindang. Keindahan alam ini membuat anda betah berlama-lama menikmati panorama pantai dan sejuknya hembusan angin. Cuaca di sekitar pantai terkadang cukup terik di siang hari, tetapi bila menjelang malam, anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah dan eksotis.

Pemandangan matahari tenggelam dan cahaya sinar dari lampu kapal-kapal yang berlayar di selat Madura menjadi pemandangan yang sangat indah, ditambah pantulan sinar dari kota Surabaya menambah indahnya malam di pantai Rongkang.

bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan di pantai Rongkang tidak perlu khawatir menemui kesulitan menuju pantai ini, terlebih bila anda naik kendaraan pribadi. Anda bisa melihat petunjuk dari google maps, membaca papan petunjuk atau bertanya kepada penduduk sekitar. Bagi anda yang naik kendaraan umum seperti bis umum atau angkutan lainnya juga tidak akan mempunyai masalah karena anda bisa menaiki bis umum yang siap mengantar anda ke tempat tujuan dengan tarif berkisar dari Rp. 5000 sampai dengan Rp. 25.000.

Bagi wisatawan yang datang dari luar pulau Madura, dapat memilih dua akses yaitu dengan menggunakan kapal untuk menyeberang ke pelabuhan Kamal atau melewati Jembatan Suramadu. Dari pelabuhan Kamal untuk sampai ke pantai Rongkang yang berjarak 12 Km hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Tetapi bila anda melewati jembatan Suramadu perjalanan lebih singkat hanya sekitar 15 menit karena jarak tempuhnya kurang dari 5 Km.

awal pantai ini disebut pantai Rongkang adalah dari kata Ngerongkang yang dalam bahasa setempat berarti berlubang. Karena sebelumnya pantai ini pernah mengalami proses alam, abrasi yang menyebabkan bebatuan dan karang-karang menjadi berlubang dan membentuk karang berongga yang menarik di bibir panti, sehingga sekarang pantai ini dikenal dengan pantai Rongkang.

bila anda sedang berada di Madura atau Surabaya sempatkanlah untuk menikmati indahnya   pantai Rongkang yang eksotis di Bangkalan, Madura. (VOI)         

Read 867 times Last modified on Monday, 13 July 2020 08:44