Thursday, 23 July 2020 00:00

“Si-SUSan, Sinar UV-C Basmi Virus Buatan LIPI”

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO  CNN FOTO CNN

Kebutuhan sterilisasi ruangan semakin penting untuk menekan mata rantai penyebaran COVID-19. Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi Lembaga Ilmu Pengetahuan  Indonesia (LIPI)  mengembangkan Si-Susan  (Simple Smart UVC Sanitaizer), alat sterilisasi ruangan berbasis sinar UV-C yang dapat dikendalikan melalui aplikasi di ponsel pintar. Si-SUSan dapat mengatur target virus yang akan dibasmi dan penjadwalan sterilisasi melalui aplikasi berbasis Android. Si-SUSan juga dibekali sistem keamanan terhadap manusia di sekitarnya. Dengan desain sederhana, Si-SUsan dapat digunakan untuk sterilisasi di fasilitas layanan kesehatan, perkantoran, sekolah, dan rumah tangga

Si-SUSan agak berbeda dengan robot sterilisasi. Sebab, alat yang dikembangkan LIPI ini harus dipindahkan secara manual dari ruangan satu ke ruangan lain. Sementara robot sterilisasi virus bisa bergerak dari ruangan ke ruangan lain serta memiliki automasi lebih baik. Si-SUSan berbasis cahaya UV-C dengan panjang gelombang 254 nanometer dan tergolong berbahaya jika terpapar kulit dan mata. Oleh sebab itu, saat Si-SUSan digunakan, pengguna harus memastikan di dalam ruangan tidak ada orang sama sekali. Karenanya pengoprasian alat ini menggunakan aplikasi. Jadi operator nantinya akan mengendalikan Si-SUSan lewat aplikasi, entah di ruangan lain atau bahkan di balik tembok ruangan yang sedang disterilisasi. Sedang lamanya proses penyinaran tergantung jenis virus. Setelah Si-SUSan selesai melakukan sterilisasi, akan ada efek setelah penyinaran misalnya ada bau-bau tidak sedap karena bercampur dengan reaksi udara yang ada di dalam ruangan.

Saat ini Si-SUSan telah selesai menjalani uji keamanan listrik di Pusat Penelitian Teknologi Pengujian LIPI dan tengah menunggu uji efektivitas virus SARS-CoV-2 di Laboratorium Biosafety Level-3 LIPI. Si-SUSan akan diproduksi secara manufaktur bekerja sama dengan PT. Gerlink Utama Mandiri.Nantinya Si-SUSan akan dipasarkan dengan harga relatif terjangkau, sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga, perkantoran, dan puskesmas.

 

Read 693 times Last modified on Saturday, 25 July 2020 06:37