Monday, 27 July 2020 00:00

ITB Raih Penghargaan Dalam Ajang Imperial Barrel Award Competition

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO ITB.AC.ID FOTO ITB.AC.ID

Tim mahasiswa pascasarjana ITB menggorekan prestasi di tingkat dunia dalam ajang Imperial Barrel Award (IBA) Competition dan mendapatkan penghargaan di kategori Teamwork Excellent atau setara dengan Juara Harapan. Imperial Barrel Award (IBA) ini sendiri merupakan ajang kompetisi tingkat dunia yang diadakan oleh American Association of Petroleum Geologist (AAPG) tiap tahunnya. Dalam kompetisi ini, setiap peserta akan diberikan sebuah kasus dan data tentang industri minyak dan gas bumi. Kasus ini akan dianalisis berdasarkan aspek geologi dan geofisika.

Kelima mahasiswa pascasarjana ITB yang didampingi oleh Prof.Ir. Benyamin Sapiie Ph.D. ini telah berhasil melewati beberapa babak perlombaan dari babak penyisihan pada 17 Desember 2019 - 23 Januari 2020 hingga babak semi final pada tanggal 26 Maret 2020, pada akhirnya tim dari ITB ini berhasil dinobatkan sebagai pemenang di tingkat Asia Pasifik dan menjadi perwakilan dari Asia Pasifik di tingkat dunia dalam babak final pada tanggal 6 Juni 2020. Pada awalnya, babak final akan diadakan di Houston, USA. Namun, dikarenakan adanya social-distancing akibat COVID-19, acara final telah berlangsung secara virtual

Tim ITB harus bersaing dengan peserta yang berasal dari seluruh dunia. Mereka dinilai pleh juri yang merupakan ahli dan petinggi di perusahaan-perusahaan besar seperti Saudi Aramco, Chevron, Schlumberger, dan Shell. juri mengevaluasi hasil interpretasi geologi yang tim lakukan dan menetapkan tim ITB sebagai juara harapan mengalahkan peserta lain dari berbagai kawasan dunia.

 

 

Read 656 times Last modified on Monday, 27 July 2020 08:50