Sunday, 04 October 2020 00:00

Edisi kali ini mengenai Kain Endek Bali Tampil di Paris Fashion Week 2020.

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Foto:Antaranews Foto:Antaranews

Kain tenun asal Indonesia tampil di panggung dunia melalui peragaan busana Dior di Paris Fashion Week yang digelar Selasa, 29 September 2020 di Jardin de Tuileries, Paris, Prancis.

Dalam pagelaran ini, rumah mode Christian Dior kembali menghadirkan karya-karya terbaiknya, salah satunya  adalah kain tenun ikat khas Bali, yaitu Kain Endek. Dior menjadikannya sebagai koleksi Spring atau Summer 2021. Dari sekitar 86 koleksi busana yang ditampilkan, ada sembilan koleksi yang memakai kain Endek asal Bali ini. Busana tersebut diperagakan para model yang berjalan di atas cat walk.

Menurut tim Christian Dior, kain Endek Bali memiliki nilai kebudayaan yang sangat sesuai dengan hasil karya yang ingin mereka angkat. Tak sampai di situ, Artistic Director Dior menyatakan bahwa inspirasi Christian Dior menggunakan kain Endek Bali karena ingin mengangkat nilai kebudayaan serta craftsmanship Indonesia terutama dari para penenun perempuan. Pemerintah Provinsi Bali telah memberikan dukungan penggunaan kain Endek Bali kepada pihak Dior. Mereka pun meminta Dior agar bisa menghormati kain asal Indonesia itu.

Paris Fashion Week digelar pada 29 September 2020 hingga 6 Oktober 2020, dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat, mulai dari pembatasan tamu yakni hanya 300 orang. Selain itu, para tamu juga diwajibkan memakai masker wajah dan diminta untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Read 615 times Last modified on Sunday, 04 October 2020 20:10