Tuesday, 06 October 2020 00:00

Aplikasi Palapa

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Foto:Antaranews Foto:Antaranews

Menyongsong Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28. Oktober, aplikasi percakapan buatan anak bangsa bernama aplikasi PALAPA telah hadir di sistem operasi Android, iOS, Linux, Windows, dan macOS.  Diciptakan oleh startup XecureIT (PT IMAN Teknologi Informasi), Palapa adalah generasi baru dari aplikasi PeSankita Indonesia (PS) yang sudah diperkenalkan lewat aplikasi mikro Kawal Pilpres 2019.  Aplikasi ini menawarkan keamanan dan privasi bagipenggunanya.

 

Pendiri XecureIT, Gildas Deograt, mengklaim Palapa dirancang dan dibangun dengan fungsi dasar antipembajakan, secure chatsecure voice/video call, dan penyimpanan data terenkripsi. Aplikasi ini diresmikan  secara resmi tanggal 9 September lalu. XecureIT telah pula mengantongi Sertifikasi Fasilitas dan Tipe Produksi dari Pusat Kelaikan Kementerian Pertahanan RI. Ia menambahkan bahwa pengembangan Palapa didasari Standar Arsitektur Keamanan Tingkat Tinggi Informasi (SAKTTI). Tujuannya, mendukung norma baru bekerja di mana pun dan transformasi digital bagi korporasi maupun institusi pemerintah.Palapa dilengkapi modul fitur tanda tangan elektronik dan secure data exchange. Ini merupakan solusi platform digital nasional bagi tantangan mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI).

 

Palapa juga menjadi solusi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) dan Perhitungan Elektronik Pilkada maupun Pilpres yang membutuhkan integritas sangat tinggi. XecureIT (PT IMAN Teknologi Informasi) adalah perusahaan penyedia layanan dan solusi pertahanan siber serta keamanan informasi di Indonesia yang dirintis sejak 2005, dan mendapatkan Sertifikasi ISO 27001 dengan lingkup seluruh layanannya sejak 2012. XecureIT didirikan oleh sejumlah pakar teknologi informasi nasional yang fokus di bidang keamanan informasi. 

Read 673 times Last modified on Tuesday, 06 October 2020 08:38