Thursday, 08 October 2020 00:00

Hds

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Hari Ini dalam Sejarah kami awali dengan peristiwa 8 Oktober 1912, Perang Balkan I dimulai.

Perang Balkan I adalah suatu rangkaian pertempuran yang berlangsung antara 8 Oktober 1912 sampai 18 Mei 1913 antara Liga Balkan (Serbia, Montenegro, Yunani, dan Bulgaria) melawan Kekaisaran Ottoman Turki. Perang ini merupakan bagian pertama dari Perang Balkan di Semenanjung Balkan dan bertujuan merebut Makedonia yang dikuasai oleh Turki. Perang berakhir dengan kemenangan di pihak Liga Balkan dan ditandatanganinya Perjanjian London. Setelah berakhirnya perang, terjadi perselisihan mengenai batas wilayah kekuasaan antara anggota liga, yang menyebabkan pecahnya Perang Balkan II.

Beralih ke peristiwa 8 Oktober 1929, Stasiun Jakarta Kota diresmikan.

Stasiun Jakarta Kota yang dikenal juga dengan sebutan Beos atau Batavia Zuid, awalnya dibangun sekitar tahun 1887, kemudian ditutup pada tahun 1926 untuk direnovasi menjadi bangunan yang kini ada. Sekitar 200 m dari stasiun yang ditutup ini dibangunlah Stasiun Jakarta Kota yang sekarang. Pembangunannya selesai pada 19 Agustus 1929 dan secara resmi digunakan pada 8 Oktober 1929. Acara peresmiannya dilakukan secara besar-besaran dengan penanaman kepala kerbau oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda A.C.D. de Graeff yang berkuasa pada 1926 hingga 1931.

Kami akhiri Hari Ini dalam Sejarah dengan peristiwa 8 Oktober 2009, meteor jatuh di Bone, provinsi Sulawesi Selatan.

Peristiwa ledakan meteor Bone adalah kejadian alam yang terjadi tanggal 8 Oktober 2009 menjelang pukul 11.30 WITA berupa masuknya sebuah pecahan asteroid ke dalam atmosfer bumi dan meledak di angkasa. Ledakan ini menimbulkan kecemasan pada warga sekitarnya. Kejadian ini menelan satu korban jiwa tidak langsung akibat gangguan jantung karena terkejut. Pada tanggal 23 Oktober 2009 NASA mengeluarkan laporan yang menyatakan bahwa ledakan itu terdeteksi oleh analisis infrasonik dari beberapa lembaga pemantau ledakan nuklir ilegal. Kekuatan ledakan diperkirakan mendekati 50 kiloton TNT atau sekitar tiga kali kekuatan bom atom Hiroshima. Sekian hari ini dalam sejarah.

Read 581 times
More in this category: « Hds Hds »