Tuesday, 09 January 2018 00:00

“Suroboyo Bus”

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOI WARNA WARNI Bagi anda yang berkunjung ke kota Surabaya, Jawa Timur, nantinya perjalanan anda akan semakin nyaman mengelilingi kota Pahlawan ini, karena pemerintah kota Surabaya segera mengoperasikan transportasi massal bernama SUROBOYO BUS. 8 armada bus baru ini diproyeksikan menjadi trunk atau angkutan pendukung angkutan massal cepat (AMC) trem dan LRT (Light Rail Transit). Pemerintah Kota Surabaya sudah mencoba Suroboyo Bus ini dari halaman Taman Surya Pemkot Surabaya, menuju Jembatan Suroboyo 29 Desember lalu.  Bus baru ini, akan melayani rute Terminal Purabaya (Bungurasih)-Joyoboyo-Tunjungan Plaza-Siola PP (Pulang Pergi).

Suroboyo Bus memiliki kelebihan tersendiri, khususnya di bagian dalamnya memiliki fasilitas LED untuk informasi, full AC, serta tempat duduk yang terpisah khusus wanita, pria dan juga tempat duduk untuk ibu hamil dan difabel. Pemisahan area tersebut untuk meminimalisir tindak pelecehan seksual di dalam bus. bus ini juga sangat ramah bagi penyandang disabilitas. Ada tombol khusus dekat pintu masuk yang jika dipencet, asisten pengemudi bus akan membantu penyandang disabilitas masuk ke bus. Pada bagian bawah pintu masuk, terdapat tuas yang jika ditarik dapat dilewati oleh kursi roda. Bus yang memiliki panjang 12 meter dan lebar 2,4 meter ini, mampu menampung 67 penumpang. Untuk kenyamanan penumpang, pintu bus akan terbuka secara otomatis dan jika pintu belum tertutup maka bus ini tidak akan berangkat. Penumpang yang hendak masuk ke dalam bus ini juga tinggal melangkah karena ketinggian pintu masuk bus selevel dengan pedestrian.

Terkait teknologi, Suroboyo Bus terbilang canggih. Bus ini dilengkapi 9 CCTV di setiap sudut pada bagian dalam bus dan 3 kamera pada bagian luar untuk memberikan rasa aman bagi para penumpang. Untuk keadaan darurat, bus ini sudah dilengkapi dengan sistem panic button. Jika ada kondisi kebakaran atau kecelakaan, pengemudi bus dapat menekan tombol tersebut, maka alarm akan berbunyi dan pintu bus akan terbuka otomatis. Suroboyo Bus juga bisa dikatakan anti macet, karena Suroboyo Bus telah terintegrasi dengan sistem pengaturan traffic light, yang otomatis akan berubah menjadi hijau jika bus ini melintas. Bus dengan semua kecanggihan teknologinya ini direncanakan paling lambat beroperasi Mei 2018 mendatang. Dora

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Read 2076 times Last modified on Tuesday, 09 January 2018 20:54