Thursday, 10 December 2020 00:00

Kuliner Cireng

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Antaranews Antaranews

Kota Bandung, Jawa Barat merupakan salah satu tujuan wisata di pulau Jawa, termasuk wisata kuliner. Berbagai menu makanan murah dan enak mudah dijumpai di kota Bandung. Dari kuliner khas sampai makanan barat. Edisi pesona Indonesia kali ini akan memperkenalkan kepada anda salah satu kuliner khas Bandung, yang mudah dijumpai, bahkan di pinggir-pingir jalan, yakni Cireng. Cireng berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah Aci Goreng. Dinamakan demikian, karena bahan utama pembuatnya adalah tepung aci atau tepung kanji yang dicampur dengan sedikit tepung terigu, air, merica, garam, bawang putih dan daun bawang.

Kuliner ini berbentuk bulat. Rasanya gurih, kenyal dan enak. Meski terkesan sederhana, kuliner ini disukai oleh banyak orang. Seiring berjalannya waktu, jajanan khas Sunda ini semakin berkembang. Beberapa orang menambah isi pada cireng, sehingga kuliner ini memiliki variasi rasa yang beragam. Ada rasa dan isi daging ayam, daging sapi, sosis, baso, hingga keju dan ayam teriyaki  

Cireng paling enak disajikan saat masih hangat. Cireng disantap sambil dicocol bumbu kacang, saus sambal, bumbu rujak, atau bumbu lainnya. Cireng bisa juga dimakan langsung atau original. Kuliner ini tidak hanya mudah dijumpai di pinggir jalan. Kini Cireng juga dijual secara online. Harganya relative murah, sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 per bungkus tergantung jenis variasi isian cireng itu sendiri.

Read 394 times Last modified on Friday, 11 December 2020 05:47