Sunday, 28 March 2021 00:00

Bubur Bassang Bubur Bassang, Jajanan Dari Makasar, Sulawesi Selatan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Makasar ibukota Sulawesi Selatan mempunyai jajanan khas tempo dulu yang bernama Bubur Bassang. Biji jagung pulut berwarna putih adalah bahan utama Bubur Bassang, dan jagung pulut atau jagung ketan seperti ini hanya ada di Makasar. Selain harga jagung pulut ini mahal, kurang lebih Rp. 9000 per liter, ternyata mencari jagung bahan utama Bubur Bassang ini juga tidak mudah.

Bubur Bassang adalah makanan yang dapat mengenyangkan. Oleh karena itu bubur ini lebih sering disantap sebagai sarapan atau dimakan menjelang senja sambil ditemani secangkir teh atau kopi. Untuk membuat Bassang, biji jagung pulut yang sudah tua dan berwarna putih harus direndam selama satu malam dan kemudian dimasak hingga biji jagung melunak. Jagung ini dimasak bersama dengan air, vanila dan daun pandan, tepung terigu, gula dan garam, kemudian masukkan santan kelapa dan direbus hingga matang.

Bubur Bassang lebih lezat bila dihidangkan dalam keadaan panas dan diberi gula pasir secukupnya. Akan lebih nikmat lagi apabila dalam penyajiannya diberi taburan keju atau meises lalu disiram dengan susu kental manis sesuai selera. Karena selera orang berbeda-beda, ada juga yang menambah dengan taburan   rempah-rempah lain seperti jahe. Tetapi untuk Bassang yang asli, cukup diberi taburan gula pasir di atas bubur Bassang itu.

Bagi anda pecinta kuliner, anda harus mencoba Bubur Bassang yang sekarang mulai susah dicari di Makasar. Dijamin anda akan merasakan kenikamatan yang berbeda dari Bubur Bassang ini.   Pendengar, karena bahan utama Bassang hanya bisa ditemukan di Makasar, Sulawesi selatan, bagi anda yang ingin membuatnya di rumah, sekarang sudah ada bahan utama Bubur Bassang yaitu jagung pulut dalam kemasan, yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk teman dengan harga kurang lebih Rp. 10.000.

Read 402 times