Wednesday, 02 June 2021 00:00

Miniagara Bondowoso

Written by 
Rate this item
(0 votes)






Air terjun Niagara yang berada di Ontario, Kanada, menjadi air terjun paling terkenal di dunia karena keindahannya. Tapi Indonesia juga punya destinasi air terjun yang gak kalah cantiknya dengan Niagara, lho. Bahkan karena kemiripannya, tempat ini dijuluki sebagai air terjun "Mini Niagara" atau "Little Niagara Waterfall". Tempat ini terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso, Jawa Timur.  Niagara Mini adalah satu dari tiga air terjun yang bisa Anda datangi ketika menuju wisata Kawah Ijen dan sebaliknya, melalui jalur Kota Bondowoso. Seperti namanya, ukuran air terjun ini memang mini dengan tinggi hanya sekitar 6 meter. Tapi justru itulah kelebihannya, karena Anda bisa melihat dari dekat dan cenderung aman kalau ingin bermain air. Untuk masuk ke sini, Anda hanya dikenakan retribusi parkir sekitar Rp 2.000 saja.


Dijuluki mirip Niagara karena susunan air terjunnya yang luas dan bertingkat. Di bawahnya mengalir sungai yang jernih dan sejuk, karena terletak di area pegunungan. Selain itu, air terjun ini dikelilingi bukit hijau dengan bunga bermekaran. Tempat ini jadi spot favorit fotografer atau pemburu feeds Instagram untuk mengambil gambar karena estetikanya. Terutama saat matahari terbit atau terbenam, semburat warna jingga langit sore akan berpadu dengan pepohonan hijau serta derasnya air terjun. Eksotis! Tidak hanya indah secara visual, suara air, dan serangga gunung yang saling bersahutan juga bikin hati tenang. Karena dikelilingi hutan dan bukit, otomatis udara yang ada di sini bersih dan sejuk.

hal lain yang bisa Anda lakukan di sana. Jika Anda sudah mulai kedinginan setelah basah-basahan di kaki air terjun, Anda bisa langsung menuju ke pemandian air panas yang tersedia di kawasan air terjun. Karena lokasinya ada di samping pabrik pengolahan kopi Arabica yang dikelola oleh PTP Nusantara XII, wangi semerbak kopi dijamin memanggil-manggil untuk diseduh. Anda bisa memesan secangkir kopi hangat dan menikmatinya sambil bercengkrama dengan orang tersayang. Liburan murah yang menyegarkan ini juga menerapkan protokol kesehatan ketat, jadi tidak perlu khawatir jika Anda mengikuti peraturannya dengan baik.


Read 341 times