Monday, 30 April 2018 00:00

Gua Lokale Papua

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Papua merupakan hamparan hutan hujan tropis dan terdiri atas lembah-lembah yang curam dan pegunungan yang tinggi. Bahkan sebagian pegunungannya diselimuti oleh salju. Diantara lembah-lembah tersebut, terdapat sebuah gua yang misterius dan penuh pesona. Gua tersebut bernama Gua Lokale.

Gua Lokale terletak di desa Woslimo, Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Gua ini pertama kali dibuka pada tahun 1992. Gua Lokale dipercaya sebagai gua terpanjang di dunia, karena hingga saat ini belum ditemukan ujung dari gua ini. Perjalanan paling jauh di dalam gua ini baru mencapai 3 km. Karena panjangnya gua ini, banyak kaum akademisi memperkirakan Gua Lokale dapat menembus hingga wilayah Jayapura.

meskipun gua ini tidak diketahui ujungnya, gua ini bukanlah tempat yang menyeramkan. Kesan menyenangkan akan mudah kita peroleh ketika kita memasuki gua ini. Salah satu yang membuat gua ini menyenangkan adalah beberapa titik pada dinding gua yang berongga menghasilkan suara yang merdu ketika diketuk.

Hanya dengan ketukan lembut saja, suara akan muncul. Suara yang terdengar adalah nada-nada yang beraturan dan dapat membentuk sebuah komposisi musik yang unik. Selain itu, karena di dalam gua ini sangatlah gelap, ketika masuk ke gua ini sangat disarankan untuk membawa senter.

Gua Lokale berjarak sekitar 25 Km dari kota Wamena. Akses menuju gua ini sudah cukup mudah karena jalan telah diaspal. Gua ini dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda 4. Gua Lokale ini terletak di tepi jalan poros Kabupaten, jadi tidak perlu berjalan jauh ataupun mendaki untuk sampai ke Gua Lokale.

Letaknya yang cukup strategis ini membuat Gua Lokale tempat wisata keluarga yang baik dan sering dikunjungi oleh berbagai kalangan.

Read 1279 times Last modified on Tuesday, 01 May 2018 15:23