Wednesday, 23 May 2018 00:00

Kampung Skouw, Perbatasan Indonesia - Papua Nugini

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Edisi kali ini, akan memperkenalkan salah satu tempat wisata di daerah bagian Timur Indonesia, Papua.

 

Kampung Skouw merupakan sebuah kampung yang berada di di dekat perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Tepatnya terletak di  distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Indonesia. Distrik Muara Tami ada 3 kampung yaitu Kampung Skouw Yambe, Kampung Skouw Sae, dan Kampung Skouw Mabo. Untuk mencapai ke lokasi, dari Kota Jayapura berjarak sekitar 46 km atau membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam hingga 2 jam dengan menggunakan kendaraan roda empat.

 

Kampung Skouw terkenal gersang dan panas. Oleh sebab itu banyak yang lebih memilih untuk pindah ke Kota Jayapura. Namun, pemandangan Kampung Skouw kini, telah disulap menjadi cantik dan sedap dipandang. Bangunan Pos Lintas Batas Negara yang semakin megah serta gerbang perbatasan pun menjadi lokasi favorit penduduk asli maupun wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

 

selain berswafoto di Pos Lintas Batas Negara dan gerbang perbatasan, masih ada aktifitas lain yang dapat anda lakukan di Kampung Skouw. Di Kampung Skouw Yambe, anda dapat melihat budidaya penyu. Sejak pertengahan tahun 2017, pemerintah Kota Jayapura menjadikan Kampung Skouw Yambe menjadi tempat wisata penyu. Selain untuk mencegah kepunahan penyu, juga untuk meningkatkan perekonomian warga setempat. Kini wisatawan yang berkunjung dapat melihat dan ikut membudiyakan penyu dimulai dari proses menangkap, bertelur, menetas hingga dilepas kembali ke laut.

 

Read 1385 times