Friday, 25 May 2018 00:00

Pantai Teluk Gurita di Atambua

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

 

Pantai Teluk Gurita terletak di Kecamatan Kakuluk Mesak ± 18 km dari kota Atambua kearah Barat Laut, dan perjalanan dapat ditempuh dalam waktu ± 30 menit. Teluk ini sudah dijadikan pelabuhan alam sejak nenek moyang. Air lautnya jernih, berpasir putih dan berombak tenang, berpadu dengan hijaunya bukit-bukit yang mengelilinginya. Teluk yang juga dinamai Kuit Namon ini ternyata menjadi surganya para pemacing. Anda dapat melakukan kegiatan memancing di seputar teluk ini dari tepi pantai, maupun memakai perahu untuk memancing di danau Konkas yang berhubungan langsung dengan Teluk Gurita.

Dibalik keindahan alamnya yang cantik, Teluk Gurita juga menyimpan sejarah. Dahulu tempat ini bernama Kuit Namon dan merupakan pelabuhan alam yang digunakan untuk berdagang. Kebanyakan para pedagang tersebut berasal dari Asia dan Eropa yang bertujuan untuk mencari cendana dan lilin. Suatu hari kapal pedagang dari Spanyol datang di pelabuhan ini untuk berdagang. Saat sedang bertransaksi tiba-tiba kapal tersebut dililit oleh gurita raksasa hingga akhirnya kapal tersebut tenggelam. Sejak saat itu tempat ini diganti namanya menjadi Teluk Gurita. Bangkai kapal yang tenggelam tersebut hingga saat ini masih berada di dasar teluk ini.Jika Anda pergi ke Teluk Gurita ini, jangan lupa untuk mencicipi jagung bakar dan akar sembilan yang dijual oleh warga yang tinggal di sekitar teluk. Anda bisa mendapatkan makanan pada Rumah makan “Tanjug Berluli“ Yang jaraknya dari lokasi ± 5 km. Rumah makan ini menyediakan menu makanan Seafood, Seperti Cumi, Kepiting, Ikan karang dan udang. Semua menu ini diolah dalam bentuk Goreng, Panggang dan Kuah Asam dan Manis. Selain itu, ada juga beberapa kios yang menjual souvenir seperti kain tenun khas Belu, patung terbuat dari kayu cendana dengan madu asli yang bisa anda bawa untuk cendramata dari NTT.

Di sekitar lokasi wisata Teluk Gurita belum ada penginapan yang disediakan. Bagi anda yang menjelajahi lokasi ini dapat menginap di kota Atambua. Untuk menjangkau lokasi wisata Teluk Gurita, dari kota Atambua anda dapat menggunakan Angkutan Umum, Trevel atau ojek. Anda harus menyewa jasa angkutan umum Rp.15.000 per orang, Trevel Rp. 250.000 per kelompok, Ojek Rp. 25.000 per orang.

Read 3238 times Last modified on Tuesday, 29 May 2018 06:10