Sunday, 03 June 2018 00:00

Kampung Keling, Medan Sumatra Utara

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Hari ini kami akan memperkenalkan salah satu tempat wisata di Medan Sumatra Utara. Berkeliling Kampung Madras atau Kampung Keling Medan menjadi aktivitas wisata murah yang dapat dilakukan pada saat berada di Sumatra Utara. Tempat ini banyak dikenal sebagai little India nya Kota Medan. Dan seperti halnya perkampungan India di tempat lain, Kampung Madras pun menjadi destinasi wisata budaya yang menarik di Medan.

Keberadaan Kampung Keling ini juga semakin memperkuat reputasi kota Medan sebagai kota multietnis di Indonesia. Terlebih saat ini, Kampung Keling tidak hanya menjadi tempat tinggal orang-orang India saja tetapi tidak sedikit pula masyarakat Medan dari suku lain yang juga turut mendiami wilayah Kampung Madras. Meskipun begitu, sebutan Little India Medan masih tetap melekat di kampung ini.

keberadaan Kampung Keling Medan ini awalnya pada abad ke 19. Pada saat itu banyak orang-orang India Tamil yang didatangkan dari Negara aslinya untuk bekerja sebagai buruh di lokasi perkebunan tembakau Deli. Para pemilik perkebunan lebih suka menggunakan tenaga impor dari India karena mereka dikenal cukup rajin. Semakin lama semakin banyak orang India Tamil yang bekerja di kota Medan. Selain bekerja sebagai buruh perkebunan, orang-orang India itu juga memperoleh pekerjaan di sektor konstruksi, bahkan banyak juga yang berprofesi sebagai pedagang.

kampung Keling Medan ini mempunyai luas mencapai 10 hektar. Dahulu kampung ini sempat disebut dengan nama Patisah. Ada pula yang menyebut Kampung Keling ini dengan nama Kampung Madras. Tetapi dari banyaknya sebutan, nama kampung Keling menjadi sebutan yang paling popular di masyarakat Medan. Kampung Keling di Medan ini berlokasi di sekitar kawasan Zainul Arifin. Awalnya jalan-jalan di area ini juga memakai nama India. Mulai dari jalan Kalkuta, jalan Bombay, jalan Ceylon, jalan Madras dan lain-lain. Namun sekarang sudah banyak nama yang mengalami perubahan.

Para wisatawan yang ingin menuju ke lokasi kampung Keling Medan dijamin tidak akan menemui kesulitan. Karena untuk menuju tempat ini, wisatawan bisa menggunakan sarana transportasi becak motor .Kampung Keling ini dikenal sebagai pusat kebudayaan India di kota Medan. Kampung ini menjadi wilayah administrative dari Kecamatan Madras. Di sini para wisatawan akan bisa menyaksikan banyak bangunan tua yang berarsitektur khas India. Yang paling dikenal di tempat ini adalah keberadaan kuil Shri Mariaman dan Kuil Subramaniem, selain kedua kuil tersebut ada juga masjid Ghaudiyah yang mempunyai desain arsitektur India yang kental. Ini karena warga Tamil yang berada di kampung keling tidak hanya beragama Hindu tetapi juga ada yang memeluk agama Islam

Selain menjadi lokasi wisata budaya, kampung Keling Medan juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berburu kuliner khas India, seperti yang terkenal adalah martabak India dan juga membeli baju khas India. Bagi wisatawan yang ingin merasakan kehidupan di Kampung Keling, bisa menginap   di penginapan atau hotel yang ada di Kampung Keling ini dengan harga bervariasi.

Read 1718 times Last modified on Sunday, 03 June 2018 21:38