Sunday, 22 August 2021 00:00

Air Terjun Sumber Pitu,Malang, Jawa Timur

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI PESONA INDONESIA Malang adalah salah satu kota di Jawa Timur yang mempunyai udara sejuk. Kali ini kami akan perkenalkan kepada anda Air terjun Sumber Pitu yang terletak di Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Air terjun ini sekarang dikelola oleh Perhutani. Air Terjun Sumber Pitu ini masih alami dan letaknya tersembunyi di tengah hutan. Masyarakat Pujon Kidul biasa menyebutnya dengan Sumber Pitu atau Air Terjun Tujuh.

Sangat disarankan, bahwa pengunjung yang ingin menikmati air terjun Sumber Pitu adalah benar-benar pecinta alam ataupun wisatawan yang mempunyai minat khusus, karena jalan masuk ke kawasan Air Terjun Coban Sumber Pitu ini terhitung cukup berat untuk dilalui. Pengunjung harus berjalan kaki sejauh 7 Km untuk sampai ke lokasi air terjun. Dalam perjalanan pengunjung harus melintasi jalan setapak yang sangat berbahaya dan juga melewati sejumlah perbukitan, menembus hutan pinus dan hutan belantara serta padang rumput dengan jurang yang amat curam di kiri kanannya. Walaupun perjalanan menuju lokasi cukup sulit, tetapi dalam perjalanan, anda juga dimanjakan dengan pemandangan yang indah.

tanda jika lokasi Sumber Pitu sudah dekat adalah adanya suara bunyi air yang cukup deras, udara dingin, lembab dan tumbuhan di sekitar terlihat basah.Setelah itu pengunjung akan disambut dengan air terjun yang cukup besar. Walaupun namanya Sumber Pitu, di kawasan hutan lindung ini sedikitnya terdapat 14 coban atau air terjun yang jaraknya saling berdekatan. Meskipun jumlahnya ada sembilan air terjun , tetapi warga sekitar tetap menamainya Coban Sumber Pitu.

Di depan Coban Sumber Pitu terdapat sebuah batang pohon yang berusia puluhan tahun dan telah tumbang. Akar pohon ini terangkat ke atas dan sekarang menjadi tempat pengambilan foto yang menawan. Perpaduan antara keindahan, kedamaian, tantangan serta panorama yang ada di Sumber Pitu sungguh menarik perhatian pengunjung yang datang. Air Terjun Sumber Pitu yang mempunyai tinggi kurang lebih 70 meter di tengah hutan ini memang memiliki pesona yang luar biasa. Selain itu, di dekat sumber air terjun terdapat hamparan rumput lebat yang bisa digunakan untuk bersantai//.

Read 239 times Last modified on Monday, 23 August 2021 10:51