Monday, 22 January 2018 13:43

RUMAH INFORMASI BUDAYA KENCANA LEPUS

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Warna Warni edisi kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cerita rumah informasi budaya kencana lepus di Lampung. Desa Sukadana, merupakan ibukota pemerintahan Kabupaten Lampung Timur. Kota kecil ini merupakan pemekaran wilayah administratif baru dari Lampung Tengah yang terus bergeliat melakukan pembangunan. Kota Sukadana berlokasi sekira 30 km sebelah Timur Kota Metro dan 80 Km dari Kota Bandar Lampung. Kota ini terkenal akan rumah informasi budaya kencana lepus.  

Rumah tradisional berukuran 24 x 20 meter ini dibangun pertengahan abad ke-17 (1650 M) pada masa kepemimpinan Minak Rio Kudu Islam. Saat awal dibangun, rumah ini terbuat dari kayu nangi tidak berpaku dengan beratapkan genteng yang didatangkan langsung dari Palembang. Pada masanya dipastikan inilah salah satu rumah tradisional paling mewah dan terbesar. Rumah Adat Lampung di Sukadana ini lokasinya ada di Jalan Diponegoro 56, Dusun Sukadana, Kelurahan Sukadana, Kecamatan Sukadana. Letaknya persis berada di depan Kantor Kelurahan Sukadana.

Kini rumah tersebut sudah mendapatkan beberapa perbaikan di berbagai sisi namun nuansa dan keasliannya tetap dipertahankan. Hj. Uzunuhir kini menjadi pewaris dan pemilik rumah tradisional tersebut. Ia merupakan istri dari Suttan Kencana (alm) dimana dengan arahannya rumah tradisional ini bertransformasi menjadi Rumah Informasi Budaya Lampung untuk kemudian dinamai Rumah Informasi Budaya Lampung Kencana Lepus.

Rumah Informasi Budaya Lampung “Kencana Lepus” merupakan suatu rumah yang menyimpan, merawat, dan memamerkan benda-benda, replika dan informasi budaya masyarakat adat Lampung, termasuk nilai-nilai adat istiadat dan sejarah  sebagai sumber pengetahuan, pelestarian kebudayaan dan pengembangan pusat-pusat pariwisata. Koleksi benda karya budaya yang ditata rapi serta dipamerkan di Rumah Informasi ini. Selain itu, Rumah Informasi ini juga menyimpan dokumen tertulis mengenai sejarah kampung, serajarah rumah, dan silsilah keluarga.

Dokumen ini sangatlah penting karena ikut melengkapi informasi latar belakang benda, sejarah, identitas, dan hubungan-hubungan kekeluargaan antar masyarakat adat Lampung. Secara khusus tempat ini menjadi representasi pelestarian budaya adat Lampung Pepadun karena beragamnya koleksi benda bersejarah yang dimiliki maupun fungsi dan informasi kegunaannya. Baiklah pendengar, demikian informasi mengenai rumah informasi budaya kencana lepus, Lampung. Terimakasih atas perhatian Anda dan sampai jumpa pada Warna Warni edisi berikutnya.// Wati  

Read 1205 times