Tuesday, 07 June 2022 00:00

Perdana Menteri Australia Janji Kembangkan Bahasa Indonesia Di Australia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese melakukan kunjungan ke Indonesia. Indonesia menjadi negara pertama  dalam kunjungan bilateralnya. Ini mengikuti tradisi yang dilakukan oleh Perdana Menteri Australia sebelumnya.

Ada yang menarik dari kunjungan Perdana Menteri Anthony Albanese. Ia menyampaikan, pemerintahannya berniat mengembangkan kembali kemampuan masyarakat Australia dalam berbahasa Indonesia, melalui dukungan Konsorsium Australia untuk Program Studi Indonesia.  Hal itu dikatakannya usai melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor,  Jawa Barat,  Senin (5/6).  

Keinginan Perdana Menteri Albanese merupakan kabar menggembirakan. Apalagi dikabarkan peminat  warga Australia belajar turun. Mengutip laporan tempo.co pada Desember 2021, Presiden Balai Bahasa Indonesia Victoria (BBIV), Tata Survi menjelaskan bahwa Bahasa Indonesia mengalami penurunan daya tarik di kalangan pelajar di negara bagian Victoria.

Bahasa Indonesia pernah populer di Australia. Bahkan bahasa Melayu asal Indonesia justru tercatat sebagai bahasa asing pertama yang masuk dan dipelajari di benua Australia. Mengutip artikel  di abc.net.au yang diunggah pada November 2019, Peneliti dari Monash University di Melbourne, Paul Thomas mengatakan, Suku Yolngu adalah orang pertama di benua Australia yang menggunakan bahasa asing dengan belajar bahasa Makassar dan bahasa Melayu dari Indonesia.

Upaya untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia sebenarnya terus dilakukan. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Canberra melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia. Salah satunya adalah melalui program Perpustakaan Pintar; Kedutaan Besar Republik Indonesia menyediakan materi pengajaran berkualitas bagi guru-guru pengajar Bahasa Indonesia di Australia.  

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Canberra, Mukhamad Najib menyampaikan ada tiga langkah agar Bahasa Indonesia menjadi lebih populer dan melakukan penetrasi di masyarakat Australia. Pertama, membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya Bahasa Indonesia bagi masyarakat Australia. Kedua, memfasilitasi ketertarikan masyarakat terhadap bahasa dan budaya Indonesia. Ketiga, mendorong masyarakat Australia untuk mau mengadopsi bahasa dan budaya Indonesia.

Dengan apa yang disampaikan oleh Perdana Menteri Anthony Albanese, keinginan Indonesia dan Australia menjadi sejalan dalam mengembangkan bahasa Indonesia di Australia. Semoga ini akan mencapai hasil maksimal, yang akan memperkuat hubungan kedua negara. Seperti yang disampaikan oleh Perdana Menteri Anthony Albanese, semakin banyak orang Australia yang bisa berbicara bahasa Indonesia, semakin erat pula hubungan persahabatan kedua negara.  

Read 566 times Last modified on Tuesday, 07 June 2022 10:20