Tuesday, 31 May 2022 00:00

31 Mei Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Setiap 31 Mei, dunia telah memperingati Hari Tanpa Tembakau sejak 1987. Warga dunia diingatkan tentang bahaya penggunaan tembakau, praktik bisnis perusahaan tembakau hingga hak seluruh warga dunia untuk hidup sehat serta melindungi generasi masa depan. Tema peringatan tahun ini adalah “Lindungi Lingkungan.” Sesuai dengan temanya, peringatan ini berfokus pada dampak buruk penggunaan tembakau pada lingkungan.

Dalam lamannya, organisasi kesehatan dunia -WHO mencatat dampak berbahaya industri rokok bagi lingkungan yang sifatnya luas. Tercatat sekitar 600 juta pohon ditebang untuk membuat perkebunan tembakau. 84 juta ton CO2 dilepas ke udara oleh industri rokok. Jutaan ton limbah puntung rokok mencemari tanah, sungai dan laut dan membunuh mahluk hidup di dalamnya. WHO juga menyebut, 8 juta orang meninggal tiap tahun akibat penggunaan tembakau. Jadi, tembakau meracuni bukan hanya manusia, namun juga lingkungan dan makhluk hidup lain.

WHO menyerukan agar industri rokok bertanggung jawab atas perusakan lingkungan dan membiayai pemulihan lingkungan serta pembersihan limbah puntung rokok di darat dan laut.

WHO juga menyerukan agar pemerintah dan pembuat kebijakan mendukung petani tembakau untuk beralih ke mata pencaharian lain yang lebih berkelanjutan. Organisasi ini juga menganjurkan para perokok untuk berhenti merokok demi kesehatan dan udara yang lebih baik tanpa asap rokok.

Bagi Indonesia, persoalan rokok masih menjadi persoalan dilematis. Pada satu sisi, negara harus mengeluarkan biaya besar untuk kesehatan masyarakat dan dampak buruk industri rokok. Pada sisi lain, jutaan orang masih mencari nafkah dari industri rokok. Pengenaan pajak rokok yang terus meningkat, tampaknya tidak menyurutkan orang untuk tetap merokok. Dalam hal ini, pemerintah Indonesia perlu lebih tegas lagi dalam menjalankan undang-undang tentang larangan merokok yang telah dibuat.  Pemerintah tidak boleh terlena dengan perolehan pajak tembakau yang tinggi dan aksi-aksi donasi industri rokok di bidang olahraga dan pendidikan. Tentu hal ini dapat mengalihkan perhatian dari dampak buruk terhadap lingkungan dan keberlangsungan hidup generasi selanjutnya.

Read 466 times Last modified on Tuesday, 31 May 2022 11:31