Thursday, 09 March 2023 16:58

Voice of Indonesia RRI dan IDN Global Sepakati Kerja Sama dan Kolaborasi

Written by 
Rate this item
(2 votes)

 

VOInews, Jakarta: Voice of Indonesia RRI dan Indonesian Diaspora Network (IDN) Global sepakat untuk bekerja sama meningkatkan penyebarluasan informasi keindonesiaan ke dalam dan luar negeri.

Kesepakatan itu diwujudkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan antara Kepala Voice of Indonesia RRI Soleman Yusuf dan Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih.

“Ini patut kita syukuri karena secara programatis kita akan bisa memperkaya kerjasama antar IDN Global dengan Voice of Indonesia,” kata Soleman Yusuf dalam laporannya pada acara penandatanganan MoU, Kamis (9/3), di Jakarta.

Ia mengatakan baik Voice of Indonesia RRI maupun IDN Global bersepakat untuk membuat program siaran yang dapat menginspirasi masyarakat termasuk bagi generasi muda Indonesia.

“IDN Global juga akan bisa bermanfaat untuk memberikan kontribusi sebagai koresponden atau kontributor kita di luar negeri,” kata Soleman Yusuf.

Sementara itu Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih yang tersambung secara daring, pada kesempatan yang sama, mengatakan kerjasama ini merupakan kolaborasi yang sangat berarti dan strategis antara dua organisasi yang memiliki tujuan dan misi yang sejalan untuk memberitakan hal-hal positif tentang Indonesia ke seluruh dunia, termasuk juga pemberitaan tentang dan dari para diaspora Indonesia di mancanegara.

Menurutnya, kesadaran akan potensi diaspora Indonesia, pelibatan dan pemberdayaannya, akan menjadi sesuatu yang sangat penting bagi pembangunan bangsa Indonesia.

“Kekuatan atau keistimewaan diaspora Indonesia itu terletak pada beradanya atau tinggalnya kita semua di luar Indonesia bahkan di seluruh pelosok dunia,” kata Kartini.

Lebih lanjut, Kartini mengatakan dalam 10 tahun usianya, IDN Global terus mendengarkan dan menyuarakan aspirasi diaspora. Selain itu menurutnya, diaspora Indonesia juga berkolaborasi dengan berbagai pengampu kepentingan untuk bersama-sama mencapai tujuan.

“Sebagian besar tujuan diaspora adalah tetap terkoneksikan jiwa raga dan juga rasa cinta terhadap Indonesia,” katanya.

Sementara itu, ia menambahkan, Voice of Indonesia RRI dapat memanfaatkan jaringan ini untuk memperkuat cakupan siaran diantara para diaspora dan masyarakat internasional.

“Saya yakin kerjasama ini akan menjadi platform yang luar biasa untuk mempromosikan keindahan, kekayaan budaya dan keragaman Indonesia ke seluruh dunia, serta mempererat hubungan antara diaspora Indonesia di luar negeri dan tanah airnya,” tutupnya.

Read 516 times