Tuesday, 02 May 2023 07:46

Indonesia Siap Bantu Vaksin Polio untuk Afghanistan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Indonesia menyampaikan komitmen untuk membantu Afghanistan dalam menghadapi wabah Polio yang sedang melanda negeri itu. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menghadiri undangan Sekjen PBB dalam Meeting of Special Envoys on Afghanistan, di Qatar.

“Untuk merespon terjadinya outbreak polio di Afghanistan dan atas permintaan otoritas setempat dan setelah berkonsultasi dengan WHO, Indonesia berkomitmen untuk membantu 10 juta vaksin polio untuk rakyat Afghanistan,” kata Menlu dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Retno menjelaskan, proses persiapan pemberian vaksin terus dilakukan saat ini, baik dengan WHO, UNICEF dan BioFarma sebagai produsen vaksin Polio.

Lebih lanjut Retno Marsudi mengatakan, di dalam berbagai setiap kesempatan, Indonesia terus menekankan pentingnya penghormatan terhadap hak perempuan Afghanistan. Hal ini menurutnya, mencakup hak terhadap pendidikan dan pekerjaan. 

“Dalam semua pertemuan saya tekankan bahwa Hak-hak perempuan Afghanistan penting untuk dihormati termasuk hak terhadap pendidikan dan pekerjaan,” kata Menlu Retno.

Retno Marsudi menambahkan, masyarakat dunia juga perlu memperhatikan situasi kemanusiaan yang semakin memburuk di Afghanistan.

“Dalam kaitan ini, Indonesia berkomitmen untuk memberikan bantuan di bidang kesehatan dan pendidikan,” katanya.

Retno menjelaskan, di bidang pendidikan, Indonesia akan memberikan beasiswa dan capacity building kepada kaum muda Afghanistan termasuk kaum perempuannya. 

“Untuk tahun ini, salah satu fokusnya adalah pemberdayaan di bidang ekonomi,” katanya.

 
 
Read 199 times Last modified on Tuesday, 02 May 2023 07:51