Wednesday, 17 May 2023 15:06

Indonesia Mainkan Peran Diplomasi Olahraga di Ajang SEA Games Kamboja

Written by 
Rate this item
(2 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) / National Olympic Committee (NOC)Raja Sapta Oktohari mengatakan Indonesia memainkan peran diplomasi olahraga di ajang SEA Games Kamboja 2023. Menurutnya keikutsertaan Indonesia di ajang olahraga tingkat Asia Tenggara itu merupakan sarana menunjukkan posisi Indonesia di tengah percaturan global.

“Di SEA Games ini kita mengikuti 31 cabang olahraga. Berarti ada 31 bentuk diplomasi yang kita tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia juga melakukan positioning dan kita merupakan bagian penting di Asia Tenggara,” katanya dalam wawancara langsung dengan RRI Voice of Indonesia di Jakarta, Rabu (17/5), secara daring.

Indonesia berhasil meraih medali emas pada cabang olahraga sepakbola sebagai penutup dari perolehan medali SEA Games. Berdasarkan peraihan medali, hingga berita ini diturunkan, Indonesia duduk di posisi ketiga dibawah Vietnam dan Thailand, dengan 87 emas, 80 perak dan 111 perunggu.

Menurut Raja Sapta, keberhasilan ini masih harus ditingkatkan dengan peningkatan prestasi lebih maksimal. Ia mengatakan, upaya peningkatan prestasi olahraga ini harus dikembangkan dengan bekerja sama dengan negara-negara di Asia Tenggara.

“Karena walaupun Indonesia negara yang besar tetapi di mata dunia Indonesia hanya dinilai satu negara.Ketika solidaritas kita terbangun di Asia Tenggara akan dilihat sebuah kekuatan dari 11 negara yang menjadi kesatuan dalam memberikan diplomasi kepada kontinental yaitu 45 negara atau bahkan dunia yaitu 206 negara,” katanya.

Meskipun Indonesia duduk di peringkat ketiga medali SEA Games dan berhasil melampaui target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo, namun menurutnya, SEA Games hanya merupakan target antara. Setelah SEA Games usai, Indonesia masih harus mempersiapkan diri untuk ajang yang lebih besar yaitu Asian Games dan Olimpiade.

“Para atlet kita minta fokus. Para pelatih dan official dari cabang-cabang olahraga untuk mengurus atlet ini terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan kami agar proses ini bisa terkawal dengan baik,” tutupnya.

Read 259 times