Tuesday, 11 July 2023 10:25

Indonesia Tegaskan Peran Sentral ASEAN dalam Perdamaian Global

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kembali menegaskan pentingnya stabilitas di kawasan Asia Tenggara agar ASEAN dapat terus memainkan perannya dalam percaturan global, baik ekonomi maupun perdamaian dunia. Hal itu juga, menurut Retno, menjadi salah satu alasan pentingnya penyelenggaraan ASEAN Ministerial Meetings/Post Ministerial Conference (AMM/PMC) ke-56 tahun 2023, selain sebagai bagian dari Keketuaan Indonesia di ASEAN.

“Apa yang ingin Indonesia lihat adalah ASEAN memainkan peran sentral sebagai kontributor untuk perdamaian dan stabilitas di kawasan,” katanya saat mengunjungi pusat media (media center) kegiatan AMM/PMC di Jakarta, Senin (10/7).

Retno Marsudi menyebut dalam 5 dekade terakhir, ASEAN telah menjelma menjadi kawasan yang stabil dan damai. Hal ini menurutnya menjadi kunci bagi ASEAN untuk bisa mencapai kesejahteraan.

“Lihatlah pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara, di ASEAN. Pertumbuhan ekonomi ASEAN hampir setiap waktu lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi global. Pertumbuhan ini, kesejahteraan ini, hanya bisa dicapai jika ada perdamaian dan stabilitas, dan ASEAN telah berhasil sejauh ini,” katanya

Sementara itu dalam pertemuan Pejabat Senior ASEAN (SOM) dibahas program prioritas Keketuaan Indonesia di ASEAN. Pertemuan yang dipimpin oleh Dirjen Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Sidharto R. Suryodpuro dan dihadiri oleh para pejabat senior dari kesepuluh negara ASEAN dan Timor Leste ini juga membahas penguatan kerja sama dengan mitra eksternal ASEAN serta persiapan rangkaian Pertemuan Menlu ASEAN ke-56.

“Pertemuan Pejabat Senior ASEAN telah diselenggarakan hari ini di Hotel Shangri-la, Jakarta, mendahului rangkaian AMM/PMC,” kata Sidharto, Senin (10/7).

Selain itu, pertemuan pejabat senior juga telah membahas sejumlah prioritas Keketuaan Indonesia diantaranya penguatan kapasitas dan institusi ASEAN serta implementasi ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AOIP). 

Pertemuan Pejabat Senior ASEAN kemudian dilanjutkan dengan pertemuan Komite Eksekutif Komisi Zona Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (Southeast Asia Nuclear Weapon-Free Zone – SEANWFZ) yang menegaskan pentingnya kerja sama regional dalam menjaga kawasan bebas senjata nuklir serta memperkuat keamanan regional.

Read 184 times Last modified on Tuesday, 11 July 2023 10:29