Tuesday, 11 July 2023 14:51

Indonesia Usulkan Pelembagaan Dialog HAM di ASEAN

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

 

VOInews, Jakarta: Indonesia mendorong dibentuknya pelembagaan dialog tentang hak asasi manusia didalam pertemuan Menlu ASEAN dengan Perwakilan Komisi Hak Asasi Manusia ASEAN (AICHR). Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, usulan ini secara prinsip dapat diterima dengan baik oleh para peserta pertemuan.

“Usulan Indonesia agar dialog Human Rights, dialog mengenai hak asasi manusia didalam konteks ASEAN ini dilembagakan. Jadi akan ada pertemuan rutin, ada interface dengan kita para Menteri luar negeri,” kata Menlu Retno Marsudi di sela rangkaian kegiatan ASEAN Ministerial Meeting/Post Ministerial Conference (AMM/PMC) ke-56, di Jakarta, Selasa (11/7).

Ia menjelaskan, pelembagaan Dialog Hak Asasi Manusia dimaksudkan agar upaya promosi dan proteksi hak asasi manusia dapat terus diperkuat di dalam ASEAN. 

“Kita sampaikan bahwa didalam ASEAN kita kental dengan dialog, dengan tradisi untuk dialog. Demikian juga dialog didalam membahas hak-hak asasi manusia. Kita belajar satu sama lain dari negara anggota masing-masing. Kita belajar untuk memperkuat upaya kita untuk melakukan meningkatkan promosi dan proteksi human rights,” katanya.

Selain itu, didalam pertemuan Menlu ASEAN dengan AICHR, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga mendorong untuk memproyeksikan nilai-nilai ASEAN secara global. Menurutnya, krisis dan persaingan telah memperburuk tantangan hak asasi manusia secara global. 

“ASEAN juga harus bersatu dalam menolak politisasi dan standar ganda sambil membuktikan kemampuan kita untuk mengatasi masalah di dalam tubuh kita sendiri,” katanya.

Untuk itu, Menlu Retno menggaris bawahi pentingnya AICHR untuk terus berkembang melampaui pembangunan kapasitas dan menghasilkan prakarsa yang berdampak. 

Read 179 times Last modified on Tuesday, 11 July 2023 14:57