Wednesday, 12 July 2023 19:02

Pertemuan Trilateral Indonesia-Australia-India Fokuskan Penguatan Kerja Sama Indo-Pasifik

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong dan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar dalam pertemuan Trilateral Indonesia-Australia-India, di Jakarta, Rabu (12/7).

“Senang bertemu lagi dengan anda sejak pertemuan Trilateral pertama kita di New York, September tahun lalu,” kata Menlu Retno.

Retno Marsudi mengatakan India, Australia dan Indonesia memiliki banyak kesamaan. Menurutnya, ketiga negara merupakan negara demokratis dan menjadi kekuatan positif dalam menghormati hukum internasional dan menjaga stabilitas.

“Saya sangat menghargai dukungan anda terhadap sentralitas ASEAN dan implementasi AOIP,” katanya.

Menlu Retno juga menyatakan dirinya menantikan partisipasi aktif Australia dan India didalam Forum Infrastruktur Indo-Pasifik ASEAN yang akan diadakan di sela KT ASEAN ke-43 pada bulan September.

“Australia adalah anggota Forum Kepulauan Pasifik (PIF) dan kita bertiga adalah anggota Asosiasi Lingkar Samudera Hindia (IORA),” katanya.

Retno mengatakan Indonesia sebagai Ketua ASEAN telah mendapat dukungan dari seluruh negara anggota untuk membentuk kerja sama antara kawasan. Dalam hal ini menurutnya, ASEAN akan menjalin kerja sama antar sekretariat, yaitu Sekretariat ASEAN dengan Sekretariat PIF dan Sekretariat ASEAN dengan Sekretariat IORA.

“Ini adalah kontribusi Indonesia untuk menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang damai dan sejahtera, serta melibatkan negara mitra secara inklusif.

Retno pun menyampaikan harapan agar pertemuan Trilateral Indonesia-Australia dan India dapat mengindentifikasi ide-ide konkret untuk meningkatkan kerja sama praktis di sejumlah bidang, termasuk di bidang ekonomi, maritim, dan ketahanan pangan.

Read 224 times