Thursday, 13 July 2023 10:51

Pertemuan PMC dan India Bahas Ketahanan Pangan dan Stabilitas Indo-Pasifik

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menekankan pentingnya memperkuat kerja sama ketahanan pangan antara negara-negara ASEAN dengan India. Menurutnya pertumbuhan populasi ASEAN dan India sangat bergantung pada ketahanan pangan. 

“Oleh karena itu kita harus mendorong investasi untuk memastikan ketersediaan, akses dan keterjangkauan pangan pada saat krisis,” katanya dalam pembukaan Post Ministerial Meeting (PMC) ASEAN dengan India, di Jakarta, Kamis (13/7).

Menurut Retno, mengatakan kerja sama ASEAN-India harus berfokus pada pembentukan rantai pasok pangan yang berkelanjutan melalui perdagangan tanpa hambatan, dialog, dan kebijakan pemerintah yang transparan.

“Kami juga mendorong kolaborasi jangka panjang dalam teknologi pertanian dan sistem penelitian untuk meningkatkan produksi pangan local sekaligus menguntungkan petani skala kecil,” kata Retno.

Hal lain yang juga ditekankan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi adalah menciptakan perdamaian dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik.

“Kami menghargai dukungan berkelanjutan India terhadap ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) dan saya mengundang India untuk ambil bagian dalam Forum Indo-Pasifik ASEAN, sebuah jalan bagi dialog publik-swasta untuk menghasilkan kerja sama yang nyata,” katanya.

Menlu Retno mengatakan seluruh pihak memiliki tanggung jawab untuk memelihara perdamaian dan keamanan di Indo-Pasifik. Menurutnya, India dan ASEAN dapat menjadi bagian dari upaya ini termasuk dari kelompok kerja sama mini-lateral.

“Dengan latar belakang ini, ASEAN akan melibatkan Asosiasi Lingkar Samudera Hindia (IORA) dan Forum Kepulauan Pasifik (PIF) dalam East Asia Summit (EAS) untuk membangun arsitektur regional yang lebih inklusif,” katanya. 

Read 213 times Last modified on Thursday, 13 July 2023 18:03