Wednesday, 06 September 2023 20:32

Presiden Joko Widodo Sebut Kemitraan ASEAN-AS Menguntungkan Dua Belah Pihak

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Presiden Joko Widodo mengatakan kemitraan yang kokoh antara ASEAN dan Amerika Serikat tidak saja menguntungkan bagi ASEAN namun juga bagi AS. Hal itu disampaikan dalam pembukaan KTT ke-11 ASEAN-AS di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

 

"Kemitraan yang kokoh dan sustainable antara ASEAN dan Amerika Serikat tentu tidak hanya menguntungkan ASEAN, tapi juga akan menguntungkan Amerika Serikat," katanya.

 

Presiden mengatakan Asia Tenggara merupakan kawasan yang sangat menjanjikan. Menurutnya, yang diprediksi akan menjadi urat nadi perdagangan internasional pada 2045.

 

"Asia Tenggara merupakan kawasan yang sangat menjanjikan yang diprediksi pada tahun 2045 menjadi urat nadi perdagangan internasional dan berkontribusi 5,4% terhadap GDP dunia," katanya.

 

Meskipun demikian, menurutnya, kemitraan ASEAN-AS hanya akan terwujud jika kedua pihak memiliki komitmen yang sama terhadap pentingnya menjaga stabilitas keamanan di kawasan.

 

"ASEAN telah sepakat untuk terus menjalankan fungsinya sebagai lokomotif perdamaian dan stabilitas kawasan, dimana Indo-Pasifik harus menjadi platform bagi kolaborasi," katanya.

 

Oleh sebab itu, menurut Presiden, ASEAN mengajak Amerika Serikat untuk menjadi kekuatan positif dalam menciptakan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan sejahtera melalui kerja sama konkret yang inklusif.

Read 237 times