Saturday, 06 January 2024 11:03

Dubes RI untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia Menerima Anugerah Gelar Kehormatan

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

VOInews, Jakarta: Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris, Irlandia dan Organisasi Maritim Internasional (IMO), Dr. Desra Percaya mendapat gelar Honorary Degree of Doctor of Civil Law dari Durham University, Inggris pada Jum'at (5/1/2024). Gelar kehormatan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas pencapaian luar biasa Dubes Desra dalam kiprahnya di bidang diplomasi.

"Senang sekali kembali ke Durham setelah 20 tahun. Dulu saat menjadi mahasiswa PhD, begitu banyak bittersweet memories, termasuk menjadi asisten dosen...bahkan bekerja sebagai cleaner,” kata Dubes Desra dalam keterangan resmi KBRI London yang diterima di Jakarta.

Ia berharap penghargaan itu dapat mendorong peningkatan kerja sama antara Inggris dan Indonesia.

“Sebagai anggota keluarga besar Durham, penghargaan ini saya dedikasikan untuk terus mendorong persahabatan dan kerja sama kedua bangsa, khususnya di bidang pendidikan yang sangat kunci,” ungkap Dubes Desra di depan para pimpinan, akademisi dan ratusan mahasiswa pada prosesi di Durham Cathedral, salah satu bangunan UNESCO World Heritage Centre.

Gelar Honorary Degree of Doctor of Civil Law merupakan gelar kehormatan kedua dari kalangan akademik Inggris kepada Dubes Desra. Sebelumnya, Dubes Desra pernah diberikan gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Birmingham di tahun 2014.

Selain Dubes Desra, beberapa tokoh yang termasuk dalam daftar penerima tahun ini antara lain mantan Penasehat Keamanan Nasional Inggris Lord Darroch of Kew and St Mawes KCMG, serta Alderman City of London Alison Gowman dan penyanyi kelahiran Durham, Dame Sarah Conolly DBE.

Berdiri sejak tahun 1832, Durham University merupakan universitas tertua ketiga di Inggris dan salah satu tujuan populer mahasiswa Indonesia.

“Di tahun ini, hubungan bilateral Indonesia-Inggris memasuki usia 75 tahun, dimana kerja sama pendidikan adalah salah satu pilar utama kemitraan sesuai Partnership Roadmap 2022-2024,“ tulis KBRI.

Read 218 times