Saturday, 13 January 2024 15:59

Diaspora KYC: Diaspora Hong Kong Dorong Peningkatan Perlindungan Kesehatan PMI

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

VOInews, Jakarta: Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) menggelar webinar Diaspora Know Your Calegs dengan tema Dengar Pendapat Rakyat (DPR): Dialog Caleg DPR RI Dapil DKI Jakarta II bersama Diaspora Indonesia, Sabtu (13/1/2024). Dalam kesempatan itu, Nathalia Widjaja, Vice President Divisi Pekerja Migran Indonesian Diaspora Network Global (IDN Global) Hong Kong menyoroti pentingnya peningkatan perlindungan kesehatan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di berbagai negara penempatan.

“Perjanjian bilateral antara negara hendaknya lebih difokuskan pada perlindungan PMI di sektor kesehatan khususnya yang terkait dengan kontrak kerja dan asuransi kesehatan untuk PMI,” katanya.

Menurutnya, pemerintah bisa meningkatkan perlindungan para PMI di luar negeri dengan menjalin kerja sama antar pemerintah (G to G) untuk memperluas jangkauan perlindungan asuransi bagi PMI.

“Ada beberapa peluang di mana pemerintah Indonesia bisa melakukan lobby, baik itu lobby G to G di mana pemerintah Indonesia bisa melobi pemerintah Hong Kong untuk memasukkan jaminan perlindungan dimana teman-teman PMI membutuhkan,” katanya.

Selain itu menurutnya, pemerintah Indonesia juga dapat memanfaatkan perwakilan Indonesia di luar negeri, baik Kedutaan Besar RI (KBRI) maupun Konsulat Jenderal RI (KJRI), untuk menempatkan seorang Atase Kesehatan. Menurutnya, upaya ini akan memudahkan upaya edukasi perlindungan PMI dari sektor kesehatan yang kerap menjadi tantangan.

“Kami mengusulkan bila itu memungkinkan akan sangat baik sebenarnya di KBRI ataupun di KJRI negara penempatan itu ada Atase Kesehatan atau Konsul Kesehatan. Kalau belum memungkinkan, mungkin kita bisa usahakan agar ada tenaga kesehatan yang berbasis di KBRI dan KJRI. Ini tentu akan memudahkan realisasi sektor edukasi dan layanan kesehatan yang kalau kita lihat sangat complicated sebenarnya,” katanya.

Dirinya pun menyoroti pentingnya pembekalan aspek kesehatan terhadap para PMI dari masa pra-keberangkatan. Menurutnya, hal ini dibutuhkan agar para PMI tidak kehilangan arah saat terkendala masalah kesehatan saat bekerja di negara penempatan.

Webinar Diaspora Know Your Calegs dengan tema Dengar Pendapat Rakyat (DPR): Dialog Caleg DPR RI Dapil DKI Jakarta II bersama Diaspora Indonesia digelar oleh FPCI berkolaborasi dengan Indonesian Diaspora Network (IDN) Global dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di berbagai negara. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana bagi para Calon Anggota Legislatif terutama Daerah Pemilihan Luar Negeri untuk bisa berkomunikasi dengan masyarakat Indonesia di luar negeri.

Tren menunjukkan bahwa partisipasi diaspora di setiap Pemilu terus meningkat. DalamPemilu 2014 sekitar 30% diaspora yang menggunakan hak pilihnya, sementara sekitar 50% diaspora berpartisipasi dalam Pemilu 2019. Partisipasi diaspora dalam pemilu 2024 diharapkan akan lebih tinggi dari 2019.

 

 

Read 284 times