Wednesday, 24 January 2024 18:28

Masa Depan Nikel Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Foto udara kawasan industri berbasis nikel Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Minggu (31/12/2023). (Foto: Antara/Mohamad Hamzah)

Nikel sebagai bahan baku baterai kendaraan listrik menjadi sorotan publik, setelah debat calon wakil presiden, Minggu 21 Januari lalu. Pasalnya nikel menjadi salah satu poin yang dibahas dalam debat tersebut.

Indonesia sebagai negara yang memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, saat ini sedang menghadapi tantangan tren penurunan harga nikel di pasar dunia. CNBC Indonesia melaporkan, pada Senin (22/1), harga nikel dunia kontrak tiga bulan tercatat 16.036 dolar AS per ton. Posisi ini disebut merupakan yang terendah sejak April 2021. Media tersebut menulis, turunnya harga nikel dunia ini salah satunya dinilai karena dunia kebanjiran pasokan nikel. Kelebihan pasokan ini diprediksi akan terjadi selama beberapa tahun ke depan.

Selain itu, ternyata tidak semua kendaraan listrik memakai nikel sebagai bahan baku baterainya. Produsen mobil Tesla misalnya, beralih dari nikel ke lithium ferrophosphate (LFP) untuk baterai jenis-jenis kendaraan tipe baru mereka, karena LFP dianggap memiliki beberapa keunggulan dibanding nikel. Namun The Wall Street Journal menulis, nikel bukan satu-satunya bahan baku baterai yang harganya anjlok dan pasokan melimpah. Lithium mengalami nasib serupa. Harganya anjlok ke level termurah dalam dua tahun terakhir. Kobalt pun berada di titik terendah dalam empat tahun terakhir. Ketiganya merupakan bahan baku yang biasa diolah menjadi baterai lithium-ion.

Di sisi lain, merosotnya harga tidak menandakan bahwa masa depan nikel Indonesia suram. Peruntukan nikel tidak hanya sebagai bahan dasar baterai kendaraan listrik. Nikel memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Bahan alam tersebut menjadi bahan dasar ribuan produk industri, militer, transportasi, penerbangan, kelautan, arsitektur, kesehatan, bahkan alat-alat rumah tangga seperti panci dan alat makan. Oleh sebab itu, hilirisasi nikel yang dilakukan pemerintah Indonesia tetap harus dilanjutkan, meski tentunya dengan berbagai penyesuaian. Hal ini seiring dengan hilirisasi sumber daya alam lainnya yang digiatkan pemerintah untuk kesejahteraan rakyat. Hilirisasi adalah proses dan cara untuk melakukan pengolahan bahan baku menjadi barang siap pakai. Proses hilirisasi dilakukan untuk meningkatkan sebuah produk menjadi lebih bernilai, memberikan nilai tambah yang tinggi, juga menyerap tenaga kerja.

Read 139 times