Sunday, 30 September 2018 00:00

Pasar Rakyat Badung Denpasar, di Bali

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Hari ini akan memperkenalkan kepada anda Pasar Rakyat Badung di Denpasar Bali.

Berlibur ke Bali memang memberikan kenangan dan keunikan tersendiri, karena di sini anda bisa menikmati pesona seni dan budaya yang juga menjadi kearifan lokal pulau ini. Pulau Bali khususnya Ibu Kota provinsi Bali, Denpasar sudah menjelma menjadi kota yang menarik untuk wisatawan lokal dan mancanegara. Meskipun pasar modern telah menjamur di kota Denpasar, tetapi pasar rakyat masih menjadi pesona yang luar biasa. Pasar rakyat yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Pasar Rakyat Badung Denpasar.

Pasar Rakyat Badung Denpasar terletak di jalan Sulawesi No.1, Kelurahan Dauh Puri, Kecamatan Denpasar Barat. Jarak dari pusat pemerintahan Kota Denpasar ke Pasar Rakyat Badung Denpasar kurang lebih satu Kilometer.   Pasar Rakyat Badung Denpasar adalah Pasar terbesar se Bali yang buka 24 jam. Karena pasar ini buka non stop 24 jam, maka dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Pasar Badung pagi hari dan Pasar Badung Malam Hari. Pasar Rakyat Badung Denpasar dengan luas sekitar 8000 Meter Persegi dan mempunyai bangunan 3 lantai dengan arsitektur Bali ini dibangun pada tahun 2000.

Ada yang menarik dari Pasar Rakyat Badung Denpasar ini. Jika pasar beroperasi pada pagi hari, maka pelataran gedung utama dan gedung utama akan menjadi tempat berjualan, sedangkan bila pasar rakyar beroperasi pada malam hari, maka hanya pelataran gedung saja yang digunakan sebagai tempat berjualan. Gedung utama sekitar jam 5 sudah ditutup. Pasar Rakyat Badung Denpasar memang luar biasa .

Semua kebutuhan rumah tangga ada di sini. Sesuai dengan namanya, pasar rakyat, maka di sini anda bisa melakukan transaksi tawar-menawar sesuai kesepakatan pejual dan pembeli. Yang penting di sini ke dua belah pihak sama-sama cocok.

Orang Bali biasanya dalam memulai berjualan akan memberi harga yang mudah ditawar karena sebagai garus atau pelari. Para pedagang khususnya yang orang Bali dan beragama Hindu Bali mempunyai kepercayaan, agar biar laris terus, maka mereka akan menyisihkan sebagian uangnya serta diletakkan di tempat sesaji. Hal ini dimaksudkan agar rejekinya semakin bertambah.

Bila Anda menelusuri Gedung Utama Pasar Rakyat Badung Denpasar, maka anda akan menemukan di lantai 1 banyak kios yang menjual berbagai macam sembako. Di bagian dalamnya terdapat kios-kios yang menjual bermacam buah-buahan, makanan cemilan, keperluan upacara Hindu Bali dan juga kios yang menjual daging ayam.

Di lantai 2 tersedia kios yang menjual berbagai macam pakaian kantor atau sekolah, pakaian adat Bali dan juga kain dan pakaian untuk upacara agama Hindu.

Sementara di lantai 3, tersedia kios yang menjual berbagai macam keperluan rumah tangga, seperti tikar, ember, barang pecah belah dan lain-lain. Di lantai 3 ini juga, anda bisa menemukan berbagai macam kios yang menjual obat-obatan herbal dan obat-obat lainnya. Di sini juga ada kios yang menjual barang berharga seperti emas dan perak.

demikian Pesona Indonesia edisi kali ini tentang Pasar Rakyat Badung Denpasar. Bila anda sedang berlibur ke Bali sempatkanlah untuk mengunjungi pasar ini. Di sini selain anda bisa menikmati beragam sajian kuliner tradisional, anda juga bisa membeli aneka barang kerajinan khas Bali yang bisa anda jadikan oleh-oleh.

Read 893 times