Sunday, 03 February 2019 00:00

Ketoprak

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Antara Foto Antara Foto

Kuliner ketoprak terbuat dari aneka bahan-bahan campuran seperti ketupat, bihun rebus, tauge rebus, dan tahu goreng dan disiram dengan saus kacang agak kental. Kuliner ini biasa dijajakan oleh pedagang kaki lima dengan menggunakan gerobak. Tetapi seiring dengan perkembangan jaman, sekarang kuliner juga bisa ditemui di restoran-restoran yang menjual makanan Indonesiaasal mula ketoprak kabarnya masih jadi perdebatan. Ada yang mengatakan kalau ketoprak berasal dari Jawa Tengah da nada juga yang mengatakan berasal dari Cirebon. Meskipun diduga dari dua daerah tersebut, kuliner ketoprak justru lebih terkenal di ibukota Jakarta.

menurut ceritanya, penamaan ketoprak diambil dari bunyi yang dikeluarkan pada waktu piring makanan terjatuh. Diceritakan pada waktu itu penjual makanan sedang membuat suatu makanan yang berbeda agar makannya laris dijual. Ia membuat campuran bumbu dari bawang putih, kacang tanah, acabai yang diulek menjadi satu lalu disiramkan di atas bahan-bahan yang ia punya, yaitu bihun, tahu dan ketupat. Setelah selesai membuat makanan tersebut, tangannya menyenggol benda lain yang menyebabkan piringnya jatuh ke lantai dan mengeluarkan bunyi “Ketumprang”. Oleh karena aitu makanan yang dibuatnya kemudian diberi nama Ketoprak. Tetapi ada juga yang bilang bahwa ketoprak singkatan dari ketupat dan toge yang digeprak

setiba anda di Indonesia, Jakarta khususnya , anda dapat dengan mudah menemukan kuliner ketoprak ini. Karena pagi, siang dan malam selain di restoran, banyak gerobak ketoprak yang berkeliling menjajakan ketoprak . Untuk sepiring ketoprak di tambah telur mata sapi di atasnya sebagai tambahan , anda cukup membayar lima belas ribu rupiah saia . Selamat mencoba. 

Read 1673 times Last modified on Monday, 04 February 2019 09:30