Sunday, 10 February 2019 00:00

Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

                            

Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan yang memiliki julukan “Kota Seribu Sungai “ ini memiliki salah satu destinasi wisasta unik yang menjadi ciri khas kota tersebut, yaitu pasar terapung. Di pasar terapung di tengah sungai Martapura, di Lok Baintan, Desa sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, penjual menggunakan perahu menjajakan dagangannya kepada pembeli yang juga menggunakan perahu. Para penjual menjajakan dagangan antara lain sayuran, buah-buahan, makanan tradisional dan cinderamata

untuk melihat kegiatan di Pasar Terapung di Lok Baintan, wisatawan biasanya menggunakan perahu kelotok atau perahu mesin. Pasar terapung ini setiap hari beroperasi mulai pukul 06.00 sampai kurang lebih pukul 08.00 pagi. Satu perahu kelotok memiliki daya tampung sampai 20 orang dan dipatok dengan harga Tigaratus limapuluh ribu Rupiah (Rp. 350.000). Di atas perahu kelotok ini, wisatawan juga bisa menikmati segelas kopi sambil ditemani kue cincin atau atau kue apem.  Di atas perahu kelotok, penjual yang sebagian besar adalah wanita, sambil mendayung tidak henti-hentinya menawarkan barang jualannya .

di pasar terapung ini masih berlaku sistem barter, dan uang bukan merupakan alat transaksi utama di sini. Umumnya , dagangan yang akan di barter atau ditukar adalah hasil bumi berupa sayur mayur dan buah-buahan. Jumlah hasil barter tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Jika sudah sepakat , maka masing-masing akan mendapatkan barang sesuai keinginan .

dari pusat kota Banjarmasin, ada 2 pilihan untuk menuju pasar terapung Lok Baintan. Pilihan pertama menyusuri Sungai Martapura dengan menggunakan kapal kelotok. Dengan perahu kelotok perjalanan dari pusat kota menuju pasar terapung hanya membutuhkan waktu 30 menit. Sedangkan pilihan kedua dengan menggunakan kendaraan darat seperti mobil dan motor. Tetapi untuk pilihan ke dua membutuhkan waktu lebih panjang , kurang lebih 1 jam. Ini disebabkan perjalanan yang cenderung berat dan berliku-liku.

apabila anda sedang berkunjung ke Indonesia, khususnya di kota Banjarmasin, carilah waktu dipagi hari untuk menikmati segelas kopi dan kue atau untuk membeli buah-buahan di pasar terapung Lok Baintan atau pasar terapung Sungai Martapura. Karena di pasar terapung ini anda dan penjual akan saling berinteraksi dan mungkin melakukan tawar-menawar sambil terombang- ambing gelombang sungai Martapura. Karena memang inilah daya tarik pasar terapung di Lok Baintan . Inilah Voice of Indonesia, , dari Indonesia untuk dunia.

Read 1126 times Last modified on Monday, 11 February 2019 10:02