Monday, 20 May 2019 00:00

Rumah Adat Besemah, Sumatera Selatan

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Rumah Adat Besemah, Sumatera Selatan Foto : situsbudaya.id

Hari ini akan memperkenalkan Rumah Adat Besemah di Sumatera Selatan. pulau-pulau di Indonesia sudah sejak lama ditinggali oleh masyarakat adat dari berbagai suku bangsa. Sehingga tidak heran jika Indonesia memiliki beragam aksara, bahasa, pakaian tradisional, hingga rumah adat.

Di antara beragamnya kebudayaan itu, rumah adat merupakan tolak ukur terdepan yang menggambarkan kebudayaan suatu suku bangsa. Rumah adat Besemah yang dikenal juga sebagai Rumah Baghi, merupakan rumah adat yang sudah digunakan sejak beratus tahun lampau oleh nenek moyang masyarakat Besemah, Pagaralam.

tipe rumah ini terbagi atas dua, yaitu tatahan dan ghilapan. Yang dimaksud dengan tatahan adalah bagian-bagian rumah, terutama dinding ditatah atau diukir. Sedangkan ghilapan berdinding polos. Baik rumah tatahan maupun ghilapan berukuran sama, yaitu 8 x 8 meter.

Bagian dalam Rumah adat ini hanya terdiri dari 1 ruangan luas tanpa sekat. Namun, sebagian rumah sesuai perkembangan zaman, mulai dibuatkan sekat untuk kamar. Sedangkan bagian dapur yang disebut pawun, dibangun terpisah.

konstruksi rumah baghi sangat unik. Untuk menyatukan bagian-bagian rumah, tidak dipergunakan paku. Kalaupun ada bagian yang perlu diikat, digunakan rotan sebagai penguatnya. Demikian pula bagian tiang, yang tidak ditanam ke dalam tanah.

Tiang-tiang ini berdiri dengan alas batu. Pada konstruksi lama, digunakan tiga batu per tiang dengan posisi segitiga. Sepanjang sejarahnya di Pagaralam, yang dekat dengan Gunung Dempo, rumah baghi tidak pernah rubuh atau rusak kendati daerah itu sering dilanda gempa bumi.

Read 2422 times Last modified on Tuesday, 21 May 2019 12:16