Sunday, 23 June 2019 00:00

Gua Putri Asih, Tuban

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Sejumlah pengunjung menikmati keindahan Gua Putri Asih Tuban. Sejumlah pengunjung menikmati keindahan Gua Putri Asih Tuban. Foto : antaranews.com/Slamet Agus Sudarmojo

Gua Putri Asih terletak di desa Mulyoagung, di daerah Montong kabupaten Tuban, Jawa Timur. Gua ini sangat indah sekali dan terletak di tengah hutan jati yang masih alami. Letak Gua Putri Asih tidak terlalu jauh dari pusat kota Tuban yang terkenal sebagai kota seribu gua, hanya sekitar 30Km. Gua Putri Asih ini ditemukan oleh seorang penambang batu , bernama Jijadi pada tanggal 6 September 2002.

Pada mulanya, Jiyadi menemukan lubang berukuran 30 cm. Jiyadi tidak mengira bahwa lubang itu adalah sebuah goa. Dengan penasaran Jiyadi memasukkan sebatang kayu sepanjang 1 M ke lubang itu, dan ternyata kayu itu jatuh ke dalam lubang. Akhirnya karena ingin tau, Jiyadi dan beberapa temannya mencoba memperbesar lubang dan masuk ke dalam lubang tersebut. Begitu masuk , mereka semua terpana karena pemandangan yang ada di dalam lubang tersebut sangat menakjubkan, stalagtit dan stalagmit yang indah yang belum terjamah oleh manusia. Bahkan banyak stalagtit dan stalagmit yang masih hidup , yang masih bisa tumbuh memanjang. Ada sebuah stalagmit besar yang berwarna agak kebiruan menyerupai seperti selendang seorang putri. Oleh karena itu gua ini dinamakan Gua Putri Asih.

letak Gua Putri Asih yang yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Tuban dan jauh dari jalan raya , menjadikan Gua Putri Asih sangat menarik untuk dijadikan tempat wisata terutama bagi yang suka berpetualang . Gua ini belum mengalami perombakan sama sekali. Bahkan seluruh lantainya masih berupa tanah liat. Sehingga bagi mereka yang tidak mempunyai jiwa petualang akan merasa kesulitan menelusuri lorong-lorong gua tersebut. Keindahan lain dari dalam gua yang mempunyai luas sekitar 4 hektar dan panjang lorong 250 meter adalah ornamen-ornamen gua yang masih asli dengan stalagtit dan stalagmit beraneka warna dan bentuk.

anda bisa mengunjungi lokasi wisata ini baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun naik angkutan umum. Apabila naik angkutan umum, anda bisa naik dari terminal Tuban ke jurusan Montong. Dalam perjalanan menuju Gua Putri Asih , anda akan melewati jalan berbatu sejauh 2,5 Km sambil menikmati pemandangan yang menawan. Untuk masuk ke Gua Putri Asih , anda cukup membayar Rp. 3000. Apabila anda ingin menginap, anda bisa menginap di Tuban yang menyediakan hotel dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 1.500.000 permalam

Read 3623 times Last modified on Monday, 24 June 2019 10:22