Monday, 18 March 2019 13:41

Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang, Siap Jadi Destinasi Kelas Dunia

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Kelayang resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Kamis lalu. Kawasan ini disiapkan untuk menjadi destinasi kelas dunia dan diharapkan berkontribusi meningkatkan devisa dari pariwisata. Kawasan Ekonomi Khusus pariwisata yang berlokasi di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung itu dibangun di area seluas 324 hektare dengan target investasi 10,3 triliun rupiah. Peresmian KEK ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Joko Widodo. Dalam siaran persnya pada Kamis Presiden Joko Widodo  mengatakan, keberadaan KEK memberikan sumbangsih pada pertumbuhan ekonomi Nasional. Menurut Presiden, pihaknya juga  berencana membuka KEK baru lainnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, KEK Tanjung Kelayang dikembangkan sebagai instrumen transformasi ekonomi masyarakat Bangka Belitung dari sebelumnya pertambangan timah menjadi kepariwisataan. Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang diproyeksikan menyerap tenaga kerja sebanyak 23 ribu 645 orang. Ke depan, KEK Tanjung Kelayang ini bersiap menjadi destinasi wisata kelas dunia. Ia menjelaskan, lokasi KEK Tanjung Kelayang sangat strategis karena terletak di Pulau Belitung yang secara geografis berada di antara Jakarta dan Singapura, yang diincar sebagai target captive. Sejauh ini KEK Tanjung Kelayang berhasil menarik investasi dengan menghadirkan jaringan hotel Internasional. Darmin Nasution berharap KEK Tanjung Kelayang bisa meningkatkan devisa dari sektor kepariwisataan. Dikatakan KEK ini diharapkan mampu menarik investasi sebesar 20 triliun rupiah  hingga 2025, serta mendatangkan 59.000 wisatawan per tahun dengan nilai ekonomi 751,4 miliar rupiah per tahun pada saat KEK ini sudah beroperasi penuh.

Sementara itu Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto menjelaskan, selain KEK Tanjung Kelayang, saat ini Dewan Nasional tengah mengkaji dua usulan KEK yang berada di Provinsi Bangka Belitung yaitu Sungailiat di Kabupaten Bangka dan Tanjung Gunung di Kabupaten Bangka Tengah, yang diharapkan ditetapkan dalam waktu dekat. Ia menambahkan, untuk memberikan kemudahan bagi investor yang ingin menanamkan modal di KEK, pemerintah telah menerbitkan kebijakan Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi secara elektronik, yang juga diterapkan di Kawasan Ekonomi Khusus. 

Read 829 times