Friday, 21 October 2022 16:08

KJRI Kuching Jemput Bola Bantu PMI Urus Dokumen

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Jakarta (voinews.id) : Konsul Jenderal RI Kuching Raden Sigit Witjaksono mengatakan pihaknya melakukan upaya jemput bola untuk membantu pengurusan dokumen keimigrasian bagi warga negara Indonesia yang bekerja di Malaysia, khususnya di Serawak.

“Kita juga upayakan melalui upaya jemput bola melakukan outreach program tidak di hari kerja tapi di akhir pekan. Kita datang ke ladang kita bekerja sama dengan sarekat perusahaan,” katanya saat berbincang dengan RRI Voice of Indonesia, Jumat (21/10/2022) di Jakarta.

Untuk mempermudah proses pemberkasan, menurutnya, para pekerja yang merupakan warga negara Indonesia sudah diminta untuk mengunggah berkas melalui sistem daring. Kedatangan tim dari KJRI akan menyelesaikan proses pemberkasan dengan pengambilan foto dan verifikasi.

“Mereka sudah upload dulu dokumennya untuk kita. Jadi pada saat ketemu kita langsung foto verifikasi selesai. Dua hari rata-rata kita dapat 400 sampai 500,” katanya.

Raden Sigit mengatakan langkah outreach program dilakukan untuk mempermudah para pekerja migran Indonesia yang masih terkendala jarak untuk pengurusan dokumen secara langsung di kantor KJRI.

“Bayangkan kalau mereka bekerja di (kota) Miri datang ke Kuching itu bisa 15-17 jam perjalanan. Mereka harus absen dari kerja 3-4 hari. Sementara kalau kita ke sana mereka cukup absen satu hari,” katanya.

Selain dengan jemput bola, pemerintah Indonesia, menurut Raden Sigit, juga memiliki sarana One Channel System yang sudah diberlakukan sejak Juli. Melalui kanal ini, menurutnya, pemerintah Indonesia dapat mengawasi proses para pekerja migran mulai dari pemberkasan hingga penempatan. One Channel System merupakan kanal yang disepakati bersama oleh pemerintah Indonesia dan Malaysia untuk mengawasi serta melindungi WNI yang bekerja di Malaysia. (Ndy)

Read 237 times Last modified on Friday, 21 October 2022 16:20