Tuesday, 19 September 2023 14:16

Reog Pukau Masyarakat Thailand di Acara KBRI Bangkok

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pertunjukan Tari Reog di Indonesian Cultural Night 2023 di Bangkok, Thailand, Minggu (17/9/2023). (Foto: KBRI Bangkok)

 

VOInews.id, Jakarta: Tari Reog khas Ponorogo, Jawa Timur tampil sebagai penutup pada gelaran Indonesian Cultural Night 2023, Minggu (17/9). Penampilan ini berlangsung di hadapan sekitar 1.200 penonton yang memenuhi Pic-Ganesha Theatre, Siam Square One, Bangkok, Thailand. Dengan durasi kurang lebih 12 menit, Tari Reog yang dibawakan tim tari Universitas Brawijaya (UB) ini mengisahkan cerita berjudul Hastabrata.


“Mengambil tema Hastabrata, tarian Reog Ponorogo kali ini menceritakan konsep kebijakan dan kearifan kepemimpinan dalam kebudayaan Jawa, khususnya Jawa Timur,” tulis keterangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok yang diterima di Jakarta, Selasa (19/9).


Dalam pertunjukan ini, gerakan penari Warok yang kental dengan kegagahannya dipadukan dengan kelincahan dan keceriaan penari Jathil. Selain itu, terdapat kehadiran Bujang Ganong, yang ditemani oleh Kelana Sewandana untuk berperang berkali-kali melawan Dadak Merak. Perkelahian yang akhirnya dimenangkan Bujang Ganong bersama Kelana Sewandana memunculkan pesan moral, bahwa kebaikan selalu menang melawan keburukan.


Penampilan Reog pada malam kebudayaan Indonesia tersebut diiringi langsung oleh alat musik pengiring yang dibawa dari Indonesia. Hal ini didukung oleh pencahayaan oleh gemerlap lampu sorot dan lampu panggung, yang mendukung suasana setiap babaknya. Kepulan asap juga ditampilkan pada adegan perkelahian antara Bujang Ganong dan Kelana Sewandana melawan Dadak Merak.


KBRI Bangkok, penyelenggara kegiatan ini, menyebut para penari tampil dengan memukau. Para penonton, yang terdiri dari berbagai kalangan seperti korps diplomatik hingga mahasiswa Thailand, mengagumi pementasan ini.


“Kekaguman penonton terlihat dari setiap sudut ruangan teater pertunjukan, dan dengan tepuk tangan yang sangat meriah di akhir pertunjukan Reog Ponorogo tersebut,” lanjut keterangan itu.

 

Sekretaris UB, Dr. Tri Wahyu Nugroho mengatakan, pihaknya ingin masyarakat Thailand mengenal dekat budaya Jawa Timur lewat pertunjukan ini. Ia menyebut Tari Reog akan dilestarikan kepada generasi-generasi muda di Indonesia berikutnya, khususnya di Jawa Timur.


Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Achmad Wicaksono menyebut tim penampil ini telah beberapa kali memenangkan kompetisi nasional. Termasuk di antaranya ialah kompetisi terakhir, yang diselenggarakan pada Juli 2023 lalu. Ia berharap pertukaran budaya kedua Negara, seperti Reog Poronogo yang belum pernah dipertunjukkan di Thailand ini, semakin meningkat.

 

Indonesian Cultural Night 2023 merupakan bagian dari promosi Trade, Tourism, Investment, and Cultural Forum yang dilaksanakan KBRI Bangkok. Kegiatan yang diklaim diselenggarakan terpadu dan berkesinambungan ini merupakan upaya memperkuat kerja sama di berbagai bidang dengan Thailand.

Read 215 times Last modified on Tuesday, 19 September 2023 14:32