Friday, 06 October 2023 09:16

Seniman Mode Indonesia Peragakan Karyanya di Fête de l’Archipel Paris

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Suasana Fête de l’Archipel di Hotel InterContinental Paris Le Grand, Paris, Prancis, Rabu (4/10/2023). (Foto: KBRI Paris)

 

VOInews.id, Jakarta: Seniman-seniman mode Indonesia menunjukkan karyanya dalam peragaan busana Fête de l’Archipel di Paris, Prancis, Rabu (4/10/2023). Di hadapan ratusan pemerhati seni dunia, koleksi busana dan aksesoris karya mereka ditampilkan di atas catwalk. Sepuluh rumah mode dan aksesoris Indonesia tampil dalam acara yang berlangsung di Hotel InterContinental Paris Le Grand ini.


“Sedikitnya 10 perancang busana dan aksesoris Tanah Air naik panggung setelah karyanya ditampilkan: 3Mongkis, Adrie Basuki, Artkea, Aidan and Ice, Batik Gobang Jakarta, Hian Tjen, IKYK, ISI Denpasar, Natakerti Fashion Designer, Puta Dino Kayangan, Rita Rose,” sebut Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta pada Kamis (5/10/2023).


Sebagian rumah mode itu berasal dari DKI Jakarta dan Bali. Namun, menurut KBRI Paris, wastra tenun Tidore dari Maluku Utara oleh Puta Dino Kayangan, sempat menjadi sorotan khusus. Hal ini disebabkan oleh warna natural dan desain elegannya yang menarik perhatian publik.


Pagelaran busana ini diselingi oleh beberapa penampilan seni. Di antaranya ialah Tari Betawi Kembang Batavia dari Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, yang diiringi musik gambang kromong. Selain itu, Tari Bali Babarisan Sudamala, Deeng Nusantara, dan Kebyar Duduk dipersembahkan oleh mahasiswa ISI Denpasar.


Duta Besar RI untuk Prancis, Mohamad Oemar, memberikan apresiasi khusus kepada seluruh perancang mode Indonesia. Menurutnya, mereka telah bekerja keras untuk menampilkan koleksi terbaiknya di atas panggung mode dunia. Melalui Fête de l’Archipel, yang berarti “Festival Kepulauan (Nusantara)” ini, Oemar ingin memperkenalkan Indonesia kepada publik Prancis.


“Anda akan saksikan di atas panggung ini, wastra peninggalan leluhur kami, yang diturunkan dari generasi ke generasi, bercampur dengan tren saat ini, tanpa kehilangan identitas dan jati diri,” kata Oemar di depan penonton yang hadir, dikutip keterangan KBRI Paris.


Oemar berharap, acara ini dapat meningkatkan visibilitas Indonesia di mata publik Prancis dan dunia. Dengan demikian, visibilitas tersebut dapat membawa kemajuan dan meningkatkan kerja sama bagi Indonesia, sebut KBRI Paris.


Fête de l’Archipel ialah festival promosi potensi Indonesia di berbagai bidang, seperti perdagangan, investasi, dan ekonomi kreatif. Acara ini diselenggarakan mulai tanggal 29 September 2023 hingga 5 Oktober 2023 lalu dan terbagi dalam beberapa segmen. Salah satunya ialah forum bisnis Indonesia-Prancis yang digelar KBRI Paris bersama asosiasi pengusaha Prancis MEDEF International.


Sebelum diperagakan, para seniman mode Indonesia telah memamerkan koleksi musim semi/panas 2024 mereka di L’Adresse Showroom. Pameran tersebut digelar sebagai salah satu agenda resmi Pekan Mode Paris (Paris Fashion Week).

Read 238 times