Thursday, 02 November 2023 15:40

Sandiaga Uno Akui Pariwisata ASEAN Masih Hadapi Tantangan yang Harus Dihadapi Bersama

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

 

VOInews, Bandung: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengatakan Visi ASEAN sebagai Destinasi Tunggal Pariwisata mendorong kolaborasi yang kuat antara negara-negara ASEAN. Selain itu, Visi ini juga menitikberatkan pentingnya pertukaran budaya antara masing-masing negara di kawasan Asia Tenggara.

"Visi ASEAN sebagai Destinasi Tunggal mendorong kolaborasi yang kuat dan pertukaran budaya," katanya dalam Diplomatic Forum ke-46 di Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/11/2023).

Ia mengatakan Asia Tenggara merupakan wilayah yang kaya akan keragaman budaya, sejarah dan alam. Menurutnya, ASEAN sudah mendapatkan pengakuan sebagai tujuan tunggal yang terintegrasi bagi wisatawan.

"Salah satu peluang utama terlihat pada kekayaan pengalaman yang ditawarkan ASEAN. Gagasan ASEAN sebagai destinasi tunggal mempromosikan perjalanan lintas batas lebih mudah, memungkinkan wisatawan menjelajahi berbagai negara dalam satu perjalanan," jelasnya.

Namun menurut Sandiaga, upaya ini masih memiliki tantangan harmonisasi perbedaan budaya dan perbedaan tingkat perekonomian antara negara-negara di kawasan. Terutama dalam menyeimbangkan pelestarian tradisi dan lingkungan yang dapat memenuhi kebutuhan pariwisata.

"Tantangan itu harus diatasi untuk memastikan beragam penawaran menarik dari kawasan dapat dinikmati secara bertanggung jawab dan adil," tutupnya.

Read 237 times