Thursday, 02 November 2023 19:32

Dubes Malaysia untuk ASEAN Dorong Promosi Pariwisata ASEAN sebagai Sebuah Kesatuan

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOInews, Bandung: Duta Besar Malaysia untuk ASEAN Dato’ Nur Izzah Wong Me Coo mengatakan, secara keseluruhan, setiap negara anggota Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) sedang melakukan upaya mempromosikan pariwisata sebagai salah satu faktor pendukung ekonomi. Menurutnya, upaya ini akan memberikan manfaat bukan hanya bagi masing-masing negara, namun juga kepada negara-negara lain di kawasan.

“Malaysia selalu percaya, bahwa jika kita semua sejahtera maka seluruh kawasan akan sejahtera dan masing-masing akan mengambil manfaat darinya,” katanya dalam Diplomatic Forum di Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/11/2023).

Ia menambahkan bahwa ASEAN sebagai sebuah kesatuan di kawasan, memiliki keunikan dalam hal pariwisata dibandingkan dengan kawasan lain. Terlebih ASEAN juga memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan baik oleh masing-masing negara maupun sebagai sebuah kesatuan.

“Kita tentu punya tantangan, tapi saya percaya kalau kita bisa melakukan lebih banyak hal sebagai sebuah keluarga,” katanya.

Direktur Kerja Sama Sosial-Budaya ASEAN, Kementerian Luar Negeri, Yuliana Bahar, mengatakan dalam upaya mempromosikan pariwisata ASEAN, pihaknya menekankan pentingnya koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral, termasuk koordinasi dan kolaborasi lintas pilar ASEAN. Selain itu menurutnya juga dibutuhkan pemahaman yang sama tentang tantangan dan perbedaan yang dimiliki oleh masing-masing Negara ASEAN.

“Kita harus memperkuat kerja sama antara ASEAN dengan mitra potensial dan relevan. Tanpa itu, akan sulit mewujudkan ASEAN sebagai sebuah destinasi tunggal pariwisata,” katanya.

Hal ini pula yang menjadi semangat Indonesia dalam Keketuaan ASEAN. Menurut Yuliana Bahar, Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023 mendorong terwujudnya kerja sama yang lebih luas antara ASEAN dengan seluruh mitra, termasuk Negara-negara di wilayah Indo-Pasifik.

Read 264 times