Tuesday, 14 November 2023 14:07

Kejuaraan Pencak Silat se-Australia Kembali Digelar di Melbourne

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Seorang peserta Kejuaraan Pencak Silat Nasional APSF ke-10 sedang memberi salam di Melbourne, Australia. (Foto: KJRI Melbourne)

 

VOINews, Jakarta: Federasi Pencak Silat Australia (Australian Pencak Silat Federation, APSF) Victoria menggelar Kejuaraan Pencak Silat Nasional ke-10 (10th National Pencak Silat Championship). Kompetisi yang digelar di MSAC Arena, Melbourne, Victoria, Australia, Sabtu-Minggu (11-12/11/2023) ini diselenggarakan kembali setelah terhenti karena Covid-19. APSF menyatakan, Kejuaraan Pencak Silat Nasional ke-10 dirancang untuk melestarikan olahraga khas Indonesia ini pada generasi masa depan.

“Acara ini berkontribusi terhadap pengembangan, pelestarian, dan pengakuan pencak silat baik di tingkat nasional maupun internasional. Acara kami dirancang untuk berperan dalam melestarikan dan mewariskan teknik, bentuk, dan nilai tradisional kepada generasi berikutnya,” sebut APSF seperti dikutip dari situs web resminya, yang diakses di Jakarta pada Selasa (14/11/2023).

 

Sebanyak 124 atlet dari 11 perguruan di seluruh negara bagian Australia bertanding di 2 kategori: tanding dan seni. Selain itu, beberapa atlet dari komunitas Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya juga ikut berkompetisi. Para peserta dalam beragam rentang usia mengikuti kompetisi ini.

 

Koordinator acara, Diski Naim menyebut antusiasme peserta kejuaraan ini tetap tinggi, meski ada perbedaan dari edisi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada beberapa perubahan pada peraturan pertandingan.

 

“Antusiasme dari para atlet ini luar biasa. Walau pun memang tahun ini ada sedikit perbedaan karena ada beberapa peraturan pertandingan yang berubah, namun hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk bertanding,” tutur Diski dalam keterangan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Melbourne dan APSF yang diterima di Jakarta pada hari yang sama.

 

Sementara itu, Konsul Jenderal RI di Melbourne, Kuncoro Waseso menyampaikan kebanggaannya atas perhelatan ini. Menurutnya, kejuaraan ini bukan hanya untuk mencari atlet terbaik Australia dan menumbuhkan sportivitas, namun juga ajang promosi budaya.

 

“Ini bukan hanya merupakan ajang mencari atlet terbaik untuk mewakili Australia dan menumbuhkan sportivitas, tetapi merupakan sebuah ajang promosi budaya di Australia. Saya bisa mengatakan bahwa seluruh peserta dan panitia yang tergabung pada acara ini merupakan duta untuk Indonesia,” kata Kuncoro dalam keterangan KJRI Melbourne dan APSF.

 

Kejuaraan Pencak Silat Nasional kali ini tidak hanya berisikan pertandingan pencak silat. Sejumlah pertunjukan budaya ditampilkan, seperti seni pencak silat dan tari Haka dari Selandia Baru. Ini merupakan salah satu cara panitia memberikan pemahaman mengenai keberagaman budaya dunia dan memupuk semangat persatuan global.

 

Menurut keterangan tersebut, Kejuaraan Pencak Silat Nasional akan terus diadakan APSF setiap tahunnya. Rencananya, tahun depan kejuaraan ini akan diadakan di Perth, Australia Barat.

Read 847 times Last modified on Tuesday, 14 November 2023 15:01