Friday, 08 March 2024 14:37

Wamendag di Konferensi Internasional: Teknologi-Ekonomi Selalu Berdampingan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga. (Foto: Istimewa)

 

VOInews.id, Jakarta: Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga memberi sambutan pada Konferensi Internasional tentang Regulasi Teknologi di Asia, Kamis (7/3/2024). Dalam konferensi tersebut, Jerry mengatakan kemajuan di bidang teknologi akan selalu beriringan dengan perkembangan dunia perekonomian. Salah satunya melalui ekonomi digital yang, menurut Jerry, terus menjadi fokus pemerintah.

“Berbagai inovasi penggunaan teknologi telah terlihat di berbagai bidang seperti keuangan, pertanian, perdagangan, hingga peningkatan kinerja pemerintah dalam pelayanan publik,” kata Jerry dalam konferensi yang berlangsung di Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang, Banten itu, dikutip keterangan resmi Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI yang diterima di Jakarta.

 

Wamendag Jerry mengklaim, perdagangan Indonesia yang menorehkan surplus secara konsisten tidak lepas dari upaya Kemendag RI. Jerry menyebut Kemendag selalu berusaha memanfaatkan teknologi sebaik mungkin.

 

Menurutnya, kemajuan teknologi merupakan sesuatu yang tidak terhindarkan. Jerry menyebut, pemerintah selalu berupaya membuat regulasi yang jelas agar penggunaan teknologi itu tidak bersifat merugikan.

 

“Pengaturan teknologi harus melibatkan keseimbangan antara mendorong inovasi dan menjamin penggunaan yang etis, aman, dan akuntabel,” ujar Jerry.

 

Baca juga: Airlangga: Pertumbuhan Ekonomi RI 2023 Jadi yang Tertinggi di Dunia

 

Wamendag menambahkan, salah satu tantangan yang dihadapi para pembuat kebijakan dalam mengeluarkan regulasi adalah kesenjangan digital yang lebar. Hal ini mengingat kondisi geografis, berbagai perkembangan masyarakat, dan permasalahan antara perkotaan dan pinggiran kota.

 

“Proses membuat regulasi yang baik harus mempertimbangkan berbagai sisi, agar inovasi digital benar-benar membawa dampak positif yang luas,” jelasnya.

 

Jerry mengatakan, Kemendag melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) secara strategis terus menyempurnakan, sekaligus mendorong upaya pengembangan ekonomi digital Indonesia. Selain itu, Jerry menyebut Kemendag terus memperluas upaya digitalisasi pasar, salah satunya dari sisi cara pembayaran.

 

"Dengan memperbanyak pembayaran secara digital di pasar, kita juga mengupayakan peningkatan inklusi keuangan. Misal, melalui pencatatan arus kas (cashflow) yang lebih rapi melalui transaksi digital. Nantinya hal tersebut akan mempermudah evaluasi saat pedagang mengajukan pinjaman ke bank," ujar Jerry.

Read 82 times