Wednesday, 27 March 2024 00:00

Dirut RRI Sebut Peran Penting Diplomasi Budaya dalam Hubungan Internasional

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

27.3.2024 DIRUTVOInews, Medan: Direktur Utama (Dirut) Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Hendrasmo berharap Diplomatic Forum dapat berkontribusi untuk mendorong peran budaya dalam diplomasi yang dimainkan oleh negara-negara. RRI Voice of Indonesia menggelar Diplomatic Forum ke-47 dengan tema Diplomasi Budaya Perekat Bangsa-Bangsa, Rabu (27/3/2024), di Medan, Sumatera Utara.

"Keberhasilan proses diplomasi suatu negara menjadi lebih kuat tergantung pada budaya yang dimiliki oleh masyarakatnya, karena budaya tersebut mempunyai peranan yang krusial dalam membentuk pola pikir negara lain. Saya berharap forum ini dapat memberikan kontribusinya pada hal tersebut," katanya dalam sambutan yang disampaikan secara virtual.

Hendrasmo mengatakan diplomasi budaya merupakan bentuk diplomasi yang menggunakan unsur budaya untuk memajukan hubungan baik antar negara, membangun saling pengertian, dan meningkatkan kepercayaan antar berbagai masyarakat.

"Isu budaya telah menjadi fokus global dalam konteks diplomasi, menarik perhatian negara-negara yang berupaya mengelola hubungan internasional sesuai dengan kebijakan dan sikap negara lain guna mencapai kepentingan nasional secara lebih efektif," katanya.

Ia pun menegaskan bahwa pengaruh fenomena budaya tidak hanya bertumpu pada dimensi material saja, namun mencakup aspek normatif dan ideologis suatu negara.

Read 91 times Last modified on Wednesday, 27 March 2024 23:12