Thursday, 11 April 2024 08:08

Masjid Al Hikmah Den Haag Padat Saat Idulfitri

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

11.4.2024 KBRI Den HaagVOInews, Jakarta: Warga Negara Indonesia (WNI) di Belanda memadati masjid Al Hikmah di Den Haag pada Rabu (10/4/2024) untuk menjalankan ibadah salat Idulfitri 1445 H. Salat Idulfitri juga diikuti oleh ribuan umat Muslim di Den Haag dan sekitarnya.

 

Salat dimulai pada pukul 09:00 waktu setempat dan dipimpin oleh Ustadz Muhammad Masrur Kabul, LC, MA. yang datang dari Indonesia. Khutbah yang disampaikan bertemakan syukur dan muhasabah diri di hari yang fitri.

 

Duta Besar Republik Indonesia untuk Belanda, Mayerfas, yang turut menunaikan ibadah salat Idulfitri di Masjid Al Hikmah Den Haag mengatakan Idulfitri adalah momen yang tepat untuk berefleksi, baik dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun bernegara.

 

“Kita baru saja melalui dan menjalani pesta demokrasi, di mana kita merayakan perbedaan pendapat, perbedaan pilihan. Kini saatnya kita sejukkan kembali suasana, saling merangkul dan berjabat tangan untuk bersama-sama memajukan bangsa,” ujar Mayerfas dalam keterangan KBRI Den Haag.

 

Idulfitri tahun ini bertepatan dengan hari kerja di Belanda. Sejumlah WNI mengaku telah meminta cuti kerja dari jauh hari untuk dapat menunaikan sholat Idulfitri.

 

"Semoga WNI di Belanda dapat memberikan contoh sikap perilaku yang mencerminkan toleransi dan harmoni meskipun berbeda suku, agama, maupun kepercayaan, yang sebenarnya sudah kita jalankan selama ini. Mari kita tunjukkan ini sebagai identitas dan kekuatan kita sebagai bangsa Indonesia," kata Dubes RI.

 

Sejumlah sekolah lokal yang memiliki banyak siswa muslim memberikan izin khusus bagi mereka yang merayakan Idulfitri, atau yang lebih dikenal dengan Suikerfeest (Festival Gula) di Belanda. Tidak jarang sekolah-sekolah di wilayah komunitas Turki/Maroko bahkan mengadakan program spesial di sekolah untuk para siswa, seperti acara makan bersama.

Read 77 times Last modified on Thursday, 11 April 2024 08:21