22
January

 

Pasukan Israel menembak dan menewaskan tiga warga Palestina yang melemparkan alat peledak ke arah mereka setelah berupaya menyeberangi perbatasan dari Gaza. Demikian keterangan menurut militer Israel, Selasa.
Militer menyebutkan pasukan mengepung satu daerah dekat ujung selatan wilayah kantong Palestina setelah melihat 'tiga tersangka' menyeberangi perbatasan.  Kematian itu dibenarkan oleh juru bicara militer Israel. Dua korban tewas berusia 18 tahun dan seorang lagi berusia 17 tahun, menurut sumber polisi di Gaza. Sumber itu menyebutkan mereka adalah warga sipil tanpa ada kaitannya dengan gerilyawan di Gaza. Ia pun mempertanyakan laporan Israel yang katanya warga Palestina itu melemparkan alat peledak ke arah pasukan. Tidak ada pernyataan langsung dari penguasa Hamas di Gaza atau kelompok gerilyawan lainnya di kantong tersebut. Israel dan Hamas terlibat perang tiga kali dalam satu dekade terakhir, di luar puluhan pertempuran berskala kecil lainnya. Republika

22
January

 

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) meluncurkan logo ASEAN Identity 2020, Selasa (21/1/2020). Sejak September 2019, Sekretariat ASEAN, dengan dukungan Kerjasama ASEAN-Jerman (GIZ) mengadakan Lomba Desain Logo Identitas ASEAN Tahun 2020 untuk Kaum Muda ASEAN guna merangsang kreativitas kaum muda dalam menafsirkan identitas ASEAN. Panitia lomba desain logo menerima 1.378 karya dari seluruh negara anggota ASEAN. Wakil Sekretaris Jenderal bidang Komunitas Sosial-Budaya ASEAN, Kung Phoak, dalam sambutannya pada peluncuran logo ASEAN Identity 2020 di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Selasa (21/01), mengatakan penunjukan tahun 2020 sebagai Tahun Identitas ASEAN bertujuan untuk menciptakan kesadaran publik yang lebih besar di antara warga negara ASEAN terutama kaum muda, tentang ASEAN.

Tahun 2020 ditunjuk sebagai Tahun Identitas ASEAN. Tujuannya untuk menciptakan kesadaran publik yang lebih besar di antara warga ASEAN, terutama kaum muda tentang ASEAN, tentang kegiatan serta perkembangannya. Penunjukkan tahun 2020 sebagai tahun identitas ASEAN juga merupakan waktu yang tepat, karena ASEAN berupaya untuk lebih banyak berdiskusi dengan publik tentang pembangunan identitas dan peningkatan kesadaran tentang ASEAN.

Wakil Sekretaris Jenderal bidang Komunitas Sosial-Budaya ASEAN, Kung Phoak, menambahkan ASEAN mengadakan lomba desain logo untuk menyebarkan kesadaran akan tugas ASEAN kepada kaum muda, terutama mereka yang memiliki kesempatan pendidikan yang kurang, tentang manfaat organisasi ASEAN.

Dari 1.378 karya yang masuk, panitia telah memilih 3 pemenang desain logo 2020 Year of ASEAN Identity. Pemenang pertama adalah Joemari Manguiat dari Filipina, pemenang kedua Swumm Htet Naing dari Myanmar dan pemenang ketiga Mohammad Firdaus dari Malaysia. VOI / AHM

22
January

 

Jerman mendukung pembangunan identitas ASEAN. Jerman sangat bangga menjadi bagian dari ASEAN 2020 Year of ASEAN Identity. Demikian disampaikan Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN, Peter Schoof, mewakili GIZ, sebuah organisasi Jerman yang mendukung kompetisi logo ASEAN, dalam acara peluncuran logo ASEAN Identity 2020 di Gedung Sekretariat ASEAN, Selasa (21/01). Dia menambahkan bahwa ASEAN berusaha menemukan cara untuk menemukan identitasnya, dan harus menghadapi banyak tantangan untuk mengatasinya.

“ASEAN, seperti halnya Uni Eropa, sedang berusaha menemukan tempat dan caranya untuk mengatasi (masalah identitas) ini dengan banyak tantangan, dan tentu saja situasi ini sangat baik karena biasanya cenderung akan mempersatukan orang. Namun yang penting juga adalah semua akan melakukan hal ini bersama-sama, berdasarkan nilai-nilai umum dan visi bersama. "

Duta Besar Peter Schoof menambahkan, Jerman berkomitmen untuk membantu ASEAN di berbagai bidang penting untuk ASEAN dan rakyatnya dan dia sangat mengharapkan hubungan yang sangat baik dan bersahabat di tahun-tahun mendatang dan seterusnya.

Kompetisi yang diluncurkan pada September 2019 oleh Sekretariat ASEAN dengan dukungan German Agency for International Cooperation (GIZ), diikuti 1.378 peserta pemuda di seluruh Negara Anggota ASEAN. VOI / LAURA GREEN / AHM

21
January

 

Jumlah wisatawan internasional pada 2019 memperlihatkan rekor baru mencapai 1,5 miliar kedatangan, Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO) mengonfirmasi pada konferensi pers yang diadakan di Madrid, Senin (20/1). Tahun lalu adalah tahun ke-10 berturut-turut dari peningkatan pertumbuhan wisatawan internasional dan 1,5 miliar wisatawan mewakili peningkatan empat persen dari 2018. UNWTO juga memperkirakan pertumbuhan berkelanjutan antara tiga hingga empat persen untuk 2020 yang sebagian diinspirasi oleh peristiwa-peristiwa seperti Olimpiade Tokyo 2020 dan Expo 2020 di Dubai.

UNWTO menjelaskan bahwa pertumbuhan pada 2019 dipengaruhi oleh "ketidakpastian seputar Brexit, keruntuhan Thomas Cook, ketegangan geopolitik dan sosial serta perlambatan ekonomi global," dengan perlambatan "terutama mempengaruhi ekonomi-ekonomi maju dan khususnya Eropa dan Asia dan Pasifik." Namun demikian, semua wilayah di dunia mengalami peningkatan kedatangan. Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili menyatakan, pariwisata tetap merupakan sektor ekonomi yang dapat diandalkan. Antara