Thursday, 25 July 2019 00:00

Sate Blengong

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Sate blengong, kuliner andalan Kota Brebes, Jawa Tengah . Sate blengong, kuliner andalan Kota Brebes, Jawa Tengah . travel.kompas.com

Singgah di Brebes, Jawa Tengah, tak hanya telur asin Brebes yang wajib anda kunjungi, cobalah juga mencicipi Sate Blengong. Blengong sejatinya adalah hewan hasil perkawinan antara bebek dan mentok (entok). Tekstur dagingnya mirip bebek tetapi lebih berserat dan lunak saat dikunyah. Dengan tekstur yang nikmat ini, daging blengong cocok untuk diolah menjadi sate. Daging Blengong harus diolah dengan tepat. Daging blengong sama dengan daging bebek, dapat berbau jika tak diolah dengan tepat.

agar daging blengong tidak berbau dan empuk, daging blengong dimasak dua kali. Satu kali memasak menghabiskan waktu 2,5 jam. Kemudian daging blengong diolah menjadi menu sate bakar dan sate masak. Sate bakar adalah sate daging blengong yang dimasak dengan cara dibakar dengan arang seperti sate pada umumnya. Sedangkan sate masak, daging blengong direbus dengan bumbu santan dan ditusuk dengan lidi berukuran panjang. Kedua jenis makanan ini sangat pas jika disantap bersama kupat. Kupat menjadi makanan pendamping dengan kuahnya yang kaya akan bumbu dan terasa pedas.

bagi anda yang tertarik menikmati sate blengong, datanglah ke Brebes. Tak sulit menjumpai kedai makanan di Brebes yang menjajakan kuliner satu ini. Salah satu lokasi dimana banyak pedangang Sate Blengong ada di Alun-Alun kota Brebes. Untuk harga, sate blengong bakar dibanderol Rp 60.000 per satu kodi (20 tusuk). Sedangkan sate blengong masak dibanderol Rp 6.000 per tusuk, dan seporsi kupat dihargai Rp 12.000.

Read 2245 times Last modified on Thursday, 25 July 2019 12:16