Monday, 29 July 2019 00:00

Taman Nasional Gunung Palung, Kalimantan Barat

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Jembatan Pintu Masuk menuju Gunung Peramas Jembatan Pintu Masuk menuju Gunung Peramas http://tngunungpalung.org/

Taman Nasional Gunung Palung terletak di Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Taman Nasional ini mempunyai tipe ekosistem yang dapat dikatakan sebagai yang terlengkap di antara taman-taman nasional di Indonesia. Di sana terdapat Gunung Palung dengan ketinggian 1.116 meter. Karena itulah Taman Nasional ini dinamakan Taman Nasional Gunung Palung.

Taman Nasional Gunung Palung merupakan salah satu kawasan pelestarian alam yang memiliki keaneka-ragaman hayati bernilai tinggi, dan berbagai tipe ekosistem, antara lain hutan mangrove, hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan pamah tropika, dan hutan pegunungan yang selalu ditutupi kabut.

Sekitar 65 persen kawasan, masih berupa hutan primer yang tidak terganggu aktivitas manusia dan memiliki banyak komunitas tumbuhan dan satwa liar. Di Taman Nasional Gunung Palung terdapat obyek wisata yang menjadi unggulan yaitu Lubuk Baji, Batu Barat, Riam Berasap dan Bukit Peramas.

anda dapat menggunakan jalur udara atau pun jalur laut untuk mencapai taman nasional ini. Akses melalui jalur udara yaitu, dari Pontianak menuju Ketapang dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam. Kemudian dilanjutkan ke Sukadana atau Teluk Melano dengan menggunakan kendaraan roda 4 yang ditempuh sekitar 5 jam. Sedangkan jalur laut, dari Pontianak langsung menuju Teluk Melano sekitar 9 smpai 10 jam perjalanan.

Untuk masuk ke Taman Nasional Gunung Palung, dikenakan tiket seharga Rp 1.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 10.000 per orang untuk wisatawan mancanegara. Bagi pengunjung yang membawa kamera maka perlu membayar biaya lagi, Rp 2.500 untuk kamera photo atau Rp 25.000 untuk kamera video.

Read 1358 times Last modified on Monday, 29 July 2019 14:12