Tuesday, 30 July 2019 00:00

Kuliner Brekecek

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Berwisata ke suatu daerah di Indonesia, jangan lupa juga untuk menikmati kuliner khasnya. Misalnya saja jika anda berwisata ke Provinsi Bangka Belitung, cobalah juga mencicipi makanan khas Bangka Belitung. Masakan Bangka Belitung dibedakan atas masakan khas Melayu dan masakan Tionghoa terutama masakan Hakka. Jika anda ingin mencoba menikmati masakan Melayu Bangka Belitung, cobalah Lempah Kuning. Lempah Kuning merupakan salah satu jenis dari masakah Lempah. Lempah adalah masakan berkuah yang biasanya berbahan dasar makanan laut atau daging sapi yang dibumbui rempah-rempah yang beraroma kuat. Dalam bahasa Belitung lempah disebut gangan. Masyarakat setempat mengenal berbagai jenis lempah, misalnya Lempah Kuning, Lempah Darat, dan Lempah Kulat.

Lempah Kuning berbahan dasar ikan kakap merah atau tenggiri. Sebagian masyarakat Bangka Belitung juga menggunakan ikan kembung, kerisi, atau bawal. Ikan tersebut dimasak dengan berbagai bumbu yang telah dihaluskan, seperti kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas dan terasi. Alhasil Lempah ini memiliki kuah berwarna kuning. Biasanya juga dimasukkan potongan-potongan nanas. Ketika disantap, rasa asam, pedas, dan segar begitu terasa dari lempah kuning.Untuk varian lain, ada juga yang menambahkan mentimun sebagai pelengkap.

Masyarakat Pulau Belitung menyebut hidangan ikan kuah kuning dengan nama "gangan ketarap", sedangkan masyarakat Pulau Bangka menyebut hidangan yang sama dengan nama lempah kuning, karena kuahnya berwarna kuning. Masakan khas Bangka Belitung ini mudah dijumpai di berbagai rumah makan disana. Harganya relatif murah sekitar Rp. 15.000. hingga Rp. 20.000 per porsi lengkap dengan lalapan, seperti berupa terong bulat ungu, kecipir, kembang kunyit, dan timun.

Read 942 times Last modified on Tuesday, 30 July 2019 10:18