Saturday, 17 February 2018 00:00

Doro Somola, Halmahera Utara

Written by 
Rate this item
(2 votes)

 

Doro Somola akhir-akhir ini populer sebagai objek wisata baru di Halmahera Utara. Bentuk Doro Somola yang unik sepintas  mirip dengan Raja Ampat, yang merupakan ikon pariwisata di Papua.  Doro Somola  adalah  kawasan pantai  yang didominasi oleh bebatuan lava beku di sekitar Tanjung Bongo  yang terdapat di  Kecamatan Galela , Halmahera Utara.  Laut di sini sangat jernih dengan kumpulan koral yang terlihat jelas dari atas daerah perbukitan di sekitarnya.

etak Doro Somola adalah di antara Desa Soa Sio dan Desa Pune, kecamatan Galela  yang tidak jauh dari Pelabuhan Soa Sio , Galela dan  berjarak hanya sekitar 15 kilometer dari Bandar Udara Gamarmalamo, Galela, Halmahera Utara,  membuat lokasi wisata baru itu mudah dicapai . Dari Pelabuhan  Soa Sio tersebut, para wisatawan dengan katinting atau perahu bermesin tempel harus menempuh jarak kurang lebih 300 meter atau sekitar 20 menit untuk sampai di  Doro Somola. Biaya pulang pergi dari pelabuhan  ke Doro Samola  Rp. 20.000 per orang. Sedangkan dari kota Tobelo ibukota Halmahera Utara juga hanya kurang dari 40 menit.

eksotisme  Doro Somola memang membuat banyak wisatawan mengaguminya.  Begitu anda sampai di Doro Somola anda akan melihat pulau-pulau mini berupa batu-batuan yang berasal dari bebatuan lava  beku  yang menjulang langsung dari dasar laut, anda juga akan melihat gradasi warna alam yang sangat indahdan  birunya air laut Teluk Galila, hijaunya pepohonan yang tumbuh eksotis di atas pulau-pulau batu, hingga megahnya karang-karang  dan keramaian ikan-ikan hias yang terlihat jelas dari dasar laut yang sebening kaca. Dari kejauhan anda juga dapat melihat latar belakang berupa pemandangan yang indah dari  gunung Tarakani Lamo dan Tarakani Ici  . Saat ini  dinas pariwisata jga sudah menyiapkan  fasilitas  olahraga air untuk anak-anak dan orang dewasa. Selain untuk berenang , bersantai menikmati keindahannya , tentu saja jangan lupa untuk mengabadikan keindahan di sini.

Akhir-akhir  ini Doro Somola yang luasnya kurang  dari 1 Km  menjadi tujuan wisata yang digemari wisatawan dalam dan luar negeri. Keunikan dan keindahannya yang merupakan miniatur  Raja Ampat yang membawa wisatawan ke Doro Somola . Yang harus diingat apabila mengunjungi tempat wisata adalah untuk tidak merusak dan mencoret-coret   lingkungan,  membuang sampah sembarangan bahkan melakukan aktivitas  snorkeling yang kasar dengan  merusak terumbu karang.

apabila anda belum menentukan tempat liburan, tetapkanlah Doro Somola , miniatur Raja Ampat di Halmahera Utara sebagai tujuan wisata anda. 

Read 2623 times Last modified on Monday, 19 February 2018 16:01